Langkah Pemerintah Mempercepat Cairkan Gaji 13 Bagi PNS Dinilai Tepat

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Langkah pemerintah mempercepat pencairan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI dan polri sebelum bulan puasa dinilai tepat. Pasalnya pada pertenghan tahun ini juga bertepatan dengan ajaran sekolah baru.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syarif Hidayat mengatakan, dengan dicairkannya gaji ke-13 tersebut lebih awal maka pemanfaatannya akan lebih dialokasikan untuk angaran lebih produktif.

“Dapat mengurangi penggunaan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif,” kata Syarif, Jumat (29/5/2015).

Syarif menambahkan, bila pencairan gaji ke 13 tersebut berdekatan dengan Lebaran maka kecenderungannya akan dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif. Dengan pencairan gaji ke -13 yang lebih cepat tersebut akan mengurangi beban para PNS. Setidaknya, anggaran untuk perayaan puasa dan lebaran tidak tersedot seluruhnya untuk biaya pendisikan.

Catatan saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri telah menginstruksikan Kementerian terkait yakni Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dan Kementerian Keuangan untuk dapat segera menyelesaikan percepayan penyaluran gaji ke-13.
(Handoyo/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*