Lebih Banyak Menghabiskan Waktu Dengan Gadget Membuat Kondisi Tubuh Memburuk

ilustrasi bermain dengan gadged

ilustrasi bermain dengan gadged

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Teknologi dan manusia menjadi dua hal yang saat ini tidak bisa dengan mudah dipisahkan. Di mana ada manusia, di situ mereka pasti bersentuhan dengan teknologi lewat gadget yang mereka miliki masing-masing. Tak jarang, manusia saat ini lebih memilih untuk bersentuhan dengan dunia maya dibandingkan dengan berinteraksi langsung secara sosial. Apakah Anda sendiri termasuk yang demikian?

Melihat fenomena ini maka tidak heran jika penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menyebutkan bahwa manusia bahkan lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk bersentuhan dengan gadget dibandingkan beristirahat atau tidur.

“Kebanyakan orang pasti akan langsung menyentuh gadget mereka setelah bangun tidur. Sebelum tidur pun mereka juga masih suka berinteraksi dengan dunia maya lewat gadget. Rata-rata orang menghabiskan waktu 8 jam 21 menit untuk tidur. Namun mereka menghabiskan waktu 8 jam 41 menit pada gadget mereka. Mayoritas gadget mereka akan selalu dinyalakan sepanjang waktu bahkan di tempat tidur juga,” tulis penelitian ini.

“Sudah banyak penelitian kesehatan yang memberitahukan bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel mampu mengacaukan ritme alami tubuh. Cahaya ini akan menghentikan produksi hormon tidur secara alami yaitu hormon melanin. Hasilnya, sudah bisa ditebak bahwa ketika Anda kurang tidur maka seluruh sistem tubuh akan kacau. Baik itu sistem kekebalan tubuh, sistem pencernaan, hingga sistem metabolisme,” lanjutnya. “Kurang tidur juga mampu membuat seseorang rentan terkena masalah kesehatan mental seperti mudah cemas dan depresi, serta merusak kesuburan baik pria maupun wanita.”

Jadi, masih mengorbankan waktu istirahat Anda untuk bersentuhan gadget? Pikirkan lagi!

(feb/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*