Lima Balon DPD Buat Surat Pengunduran Kepengurusan Parpol

 

Advertisements

Padang-today.com – Lima bakal calon anggota DPD RI sudah membuat surat pernyataan mundur dari kepengurusan partai politik.

“Dari tujuh orang terindikasi, lima orang sudah membuat surat pengunduran diri dari kepengurusan parpol,”kata Izwaryani Komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar.

Ia menjelaskan,mereka telah buat surat pengunduran diri dan menyerahkan ke KPU yakni Desra Ediwan Anantanur, Chairul Umaiya, Nurkhalis, Afrizal, Muslim M Yatim.

“Sedangkan dua lagi tidak ada dalam kepengurusan parpol yakni Komi Chanigo, serta Icu Zukafril,”ungkapanya.

Komi Chaniago berdasarkan keterangan penghubung tidak lagi menjabat sebagai Ketua PBB Kabupaten Padangpariaman, Komi sudah diberhentikan sebagai Ketua PBB Padangapriaman.

“Sedangkan Icu Zukafril  sama sekali tidak ada nama terdaftar di kepengurusan parpol,”jelas Izwaryani.

    Sementara itu Ketua KPU Sumbar, Amnasmen menyatakan penetapan daftar calon sementara (DCS) dan pemberian nomor urut bakal calon anggota DPD RI merupakan kewenangan KPU-RI.

“KPU Sumbar sudah menyerahkan dokumen balon anggota DPD-RI ke KPU-RI, untuk penetapan DCS dan nomor urut bukan kewenangan kami,”kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen

   Sesuai jadwal, lanjutnya KPU RI setelah menerima dokumen dari kami, maka segera menetapkan DCS dan pengumuman DCS. “Tahapan itu dijadwalkan pada awal Bulan September 2018 dilakukan KPU-RI. Untuk penyusunan DCT oleh KPU RI pada 14 -20 September 2018 , sedangkan penetapan DCT pada 20 September 2018.

    “Untuk penetapan no urut pada 21 September, kemudian ada pengumuman DCT pada 21-23 September 2018, dilanjutkan dengan proses kampanye hingga 13 April 2019,”ujar Amnasmen.

    Sementara tempat terpisah Komi Chaniago bakal calon  (balo) anggota DPD-RI mengakui sudah mengundurkan sebagai pengurus PBB.

“Ketika sudah mendaftar sebagai balon anggota DPD-RI mengudurkan diri sebagai pengurus partai politik PBB, bukan keluar sebagai anggota parpol,”kata Komi Chaniago.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*