Limapuluh Kota Peringatan Hari Otonomi Daerah XIX, Alis Marajo: Butuh Peran Aktif

Sambut Hari Otonomi Daerah XIX

Sambutan Hari Otonomi Daerah XIX

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Otonomi Daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemberian otonomi yang seluas-luasnya dimaknai sebagai kesempatan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peran serta aktif seluruh pemangku kepentingan di daerah.

Sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan Bupati Limapuluh Kota dr Alis Marajo pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke- XIX, Senin(27/4) di halaman Kantor Bupati Sarilamak itu mengesankan pensejahteraan masyarakat sebagai cita-cita otonomi daerah. Otonomi daerah menjadi faktor penguat bagi setiap daerah khususnya dalam mendorong keluarnya arus barang dan jasa dari daerah untuk bersaing di kancah regional Asia Tenggara.

Otonomi daerah juga ditantang untuk dapat mengelola daerah-darah otonom baru baik provinsi, kabupaten dan kota. Saat ini terdapat 542 daerah otonom yang terdiri dari 34 provinsi, 415 kabupaten dan 93 kota.

Pelaksanaan otonomi daerah memerlukan eksistensi kelembagaan daerah yang diisi oleh SDM aparatur profesional. Berbagai lembaga daerah baik berupa dinas, kantor dan badan harus menyelenggarakan fungsi-fungsi yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, lanjut Alis Marajo.

Daerah harus dapat mengindentifikasi dengan tepat kapasitas yang dimiliki untuk dapat menghasilkan berbagai kemajuan-kemajuan yang diharapkan, tambah Alis Marajo. Keberagaman masyarakat harus dapat direfleksikan dengan penyedian berbagai kebijakan daerah yang menjamin hakhak serta dapat menumbuhkan berbagai kreasi dan inovasi untuk kemajuan daerah.

Perhatian terhadap penataan daerah difokuskan pada daerah-daerah terpencil, pulau-pulau terluar, daerah rawan konflik agar dapat menciptakan pusat-pusat pertumbuhan baru. Otonomi daerah mendorong munculnya para pemimpin daerah yang kapabel dan akseptabel melalui pemilihan kepala daerah secara langsung, peduli serta dapat merespon cepat terhadap berbagai permasalahan masyarakat.

Selanjutnya, bagi daerah yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak di tahun 2015, kami meminta untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya terkait dengan penyediaan pendanaan, keamanan, ketertiban dan netralitas PNS sehingga pemilihan kepala daerah secara serentak dapat berjalan secara demokratis, lancar tertib dan aman. Selamat hari Otonomi Daerah!(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*