Limapuluh Kota Siap Wujudkan Pemilu 2019 Aman dan Badunsanak

Limapuluh Kota Siap Wujudkan Pemilu 2019 Aman dan Badunsanak

Limapuluh Kota Siap Wujudkan Pemilu 2019 Aman dan Badunsanak

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota sepakat mewujudkan Pemilihan umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 yang aman, damai dan badunsanak. Komitmen tersebut di deklarasikan dalam apel Tungku Tigo Sajarangan di lapangan Mapolres Sarilamak, Kecamatan Harau, Senin (17/9).

“Hari ini kita membulatkan tekad untuk bersama-sama mensukseskan pemilu 2019.  Ini merupakan momen yang sangat penting untuk terciptanya pesta demokrasi yang berkualitas, jujur, adil dan bermartabat,” ujar Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam amanatnya selaku pembina apel.

Dikatakan bupati, kesuksesan pileg dan pilpres ditandai dengan beberapa parameter, diantaranya, pelaksanaan pemilu dilandasi dengan nilai-nilai yang telah diterima secara umum, maupun yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan sebagaimana kesepakatan dan komitmen bersama.

Kedua, suksesnya pemilu tidak semata-mata ditentukan oleh siapa yang menang dan siapa yang kalah serta siapa yang terpilih. Tetapi, apakah pelaksanaan pemilu tersebut sudah berjalan dengan jujur, adil dan transparan, di bawah institusi penyelenggara yang benar-benar netral dan bebas dari intervensi.

Menurutnya, pemerintah dan masyarakat berkewajiban dan bertanggung jawab sesuai dengan kapasitas yang diemban, salah satunya mencipatakan situasi dan kondisi yang kondusif serta berpartispasi aktif agar dalam prosesnya berjalan aman, tertib dan lancar.

“Suksesnya pemilu juga sangat ditentukan oleh sejauh mana kita semua menjamin seluruh rakyat bisa menggunakan hak politiknya untuk memberikan suara pada tanggal 17 April 2019,” ungkapnya.

Itu berarti, harus ada jaminan bahwa semua rakyat yang mempunyai hak pilih benar-benar telah terdaftar dan mendapat surat panggilan untuk memberikan suaranya. Lebih dari itu, sukses pemilu juga ditentukan oleh tidak adanya kecurangan terhadap suara rakyat yang diberikan secara bebas dan rahasia.

“Tidak boleh ada pemaksaan terhadap rakyat dalam menentukan pilihannya dan tidak boleh ada politik uang dalam membeli suara pemilih serta tidak boleh ada praktik penyuapan terhadap petugas pemilu untuk merekayasa hasil penghitungan suara,” ungkap Irrfendi.

Pemilu yang sukses juga mengharuskan semua pihak untuk melaksanakan kampanye secara santun dan bermoral. Hal ini, harus  bermuara pada satu hal yang berkualitas, melalui proses demokratis yang bermoral sehingga pemilu tidak boleh hanya sekedar menjadi prosedur formal semata.

“Pemilu yang sukses akan terwujud manakala semua prinsip dasar ini  benar-benar menjadi pegangan semua pihak. Jika hal ini terwujud kita bisa meyakini bahwa tidak akan ada gugatan, protes dan konflik terhadap pelaksanaan dan hasil pemilu,” tambahnya.

Terakhir Irfendi juga berpesan agar, seluruh elemen masyarakat  bersama-sama mengawasi tahapan demi tahapan dengan cermat sampai menggunakan hak pilih pada hari yang telah ditentukan, sesuai dengan harapan agenda pemilu tahun 2019 yang berjalan aman, damai dan sejuk.

Senada kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis ketika dimintai keterangganya juga mengajak seluruh stackholder untuk melaksanakan deklarasi tersebut. Tujuannya, agar suasana tetap kondusif saat digelar pesta demokrasi nanti.

“Untuk itu, dalam menghadapi Pilpres dan Pileg ini, semua pihak harus  bersama-sama mengemas dan mendukung pesta demokrasi ini agar berlangsung aman, damai dan badunsanak. Kita pihak kepolisian bersama TNI siap mensukseskan pemilu 2019 ” ujarnya.

Deklarasi Pemilu tersebut, ditandai dengan mengucapkan ikrar bersama-sama  Tungku Tigo Sajarangan, ada beberapa hal yang di ikrarkan untuk mewujudkan situasi aman dan damai pada Pemilu 2019 ini. Yakni, menjaga pelaksanaan pemilu yang aman, damai dan badunsanak, dan menjunjung tinggi pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan menjaga keutuhan NKRI demi terwujudnya situasi Kamtibmas di Kabupaten Limapuluh Kota.

Usai pembacaan ikrar, acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Kapolres AKBP Haris Hadis S,Ik. Ketua DPRD Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Dandim 0316/50 Kota, Ketua KPU Masnijon beserta komisioner dan ketua-ketua partai peserta pemilu tahun 2019, para wali nagari dan berbagai unsur masyarakat lainnya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*