LJA Pertama Diterapkan MA KMM Kauman Padang Panjang

Padang Panjang, Padang-Today.com – Pertama kali di Padang Panjang MA KMM Kauman menerapkan Ujian Tengah Semester maupun Ujian Semester berbasis android menggunakan aplikasi ZipGrade.com.Selama ini Lembar Jawaban yang digunakan, diperiksa menggunakan scanner atau manual tetapi sekarang lembar jawaban yang dipakai dapat diperiksa menggunakan Android. Sebelum menerapkan aplikasi tersebut, seluruh Majelis Guru diberikan pelatihan mengenai pemakaian Aplikasi Android itu sendiri.

Advertisements

”Jika selama ini kita memeriksa Lembar Jawaban Komputer (LJK) secara manual ataupun menggunakan scanner tapi sekarang kita mencoba menerapkannya menggunakan Lembar Jawaban Android (LJA), sempat menjadi keraguan dalam menggunakan Aplikasi berbasis Android ini, tetapi berkat keingintahuan yang kuat serta ingin mendapatkan inovasi baru ini, kita coba melakukannya,” jelas Kepala MA KMM Kauman Derliana, MA diruangannya, Selasa (22/5).

Banyak keuntungan yang di dapat saat memeriksa lembar jawaban menggunakan android, dibandingkan dengan memeriksa lembar jawaban menggunakan manual. Selama ini sekolah banyak mengalami kesulitan dalam memeriksa LJK karena tidak tersedianya mesin scanner, dan sekarang dengan adanya LJA berbasis Android ini sangat memberi kemudahan bagi guru dalam memeriksa.

“Terdapat beberapa perbedaan dalam memeriksa LJK dan LJA diantaranya, jika LJK kita menggunakan scanner atau manual dan membutuhkan proses atau waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya, sementara dengan LJA kita hanya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 menit dan hasilnya pun memuaskan karena kita bisa menganalisis jawaban siswa yang salah dan yang benar,” terang Derliana.

Senada dengan itu, Wakil Kurikulum Ustd. Taufik Hidayat, MA bersamaan dengan salah satu tim pengajar Meri Astuti, S.Pd, menambahkan penerapan LJA tergolong baru di Padang Panjang, karena merupakan tahap awal tapi ini sudah menjadi kebanggaan bagi MA KMM yang mau mencoba inovasi ini.

“Kita berharap ini bisa bertahan dan bisa juga jadi contoh bagi sekolah lain, meskipum kita juga belajar dari orang lain,” tambahnya.

Sementara itu, dilihat dari respon siswa saat mengetahui jika lembar jawaban diperiksa menggunakan android, mereka sangat senang dan bahagia.

”Mereka merasa kaget dan berkata “wah keren buk” kami bisa ujian seperti ini,” tuturnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*