LKPP RI adakan Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa di Pemko Pariaman

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Demi meningkatkan kemampuan Aparatur di masing-masing SKPD agar lebih pfofesional dan bekerja secara efesien, efektif, transparan, adil dan akuntabel, inspektorat Kota Pariaman bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) RI, mengadakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pengadaan Barang dan jasa Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman yang diadakan di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (5/11).
Acara ini dihadiri oleh Kasubdit Wilayah I Barat Direktorat Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Wilayah I LKPP RI Mudjisantosa, Narasumber LKPP RI Ayu Wulandari, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Sekretaris inspektorat Kota Pariaman Yulia Hariati dan Pejabat di Inspektorat Kota Pariaman sebagai panitia acara dan para peserta Bimtek.
Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan Pengadaan barang dan jasa  yang dibiayai dengan APBN ataupun APBD harus dapat dilaksanakan sesuai aturan dan tepat waktu, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Pengadaan barang dan jasa merupakan kegiatan yang vital dan melibatkan hampir seluruh aktivitas pembangunan dan pelayanan yang diberikan institusi pemerintah kepada masyarakat, untuk itu perlu adanya peningkatan SDM aparatur yang terlibat dalam proses tersebut.
“Proses pengadaan barang dan jasa pemerintah dalam setiap  tahapannya memiliki konsekuensi hukum sehingga harus tertib administrasi, pengadaan yang tidak sesuai dengan aturan dan prosedur yang benar maka akan dapat menimbulkan kerugian negara dan juga merugikan masyarakat. Oleh karena itu kita harus mengerti dan memahami dengan benar aturan yang berlaku”, tukas Mukhlis Rahman.
Ketua panitia Yulvendri yang juga inspektur pembantu (Irban) III inspektorat Kota Pariaman mengatakan peserta Bimtek Pengadaan barang dan jasa ini terdiri dari Pejabat Pembuat Komitmtn (PPK) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di masing-masing SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Materi yang akan disampaikan dalam Bimtek ini antara lain tentang sosialisasi  penilaian pengadaan barang dan jasa, manajemen kontrak  dan daftar hitam dalam pengadaan barang dan jasa. Bimtek ini diadakan karena rendahnya pengetahuan aparatur pemerintah kota pariaman tentang pengadaan barang dan jasa, sehingga inspektorat berinisiatif bekerjasama dengan LKPP RI yang mana seluruh pembiayaan kegiatan ini ditanggung oleh LKPP RI, ucapnya. (eri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*