LM Sejak 2012 Telah Berhasil Membuat C-1, Kendaraan Roda Dua Tidak Bisa Jatuh ke Samping

Motor ciptaan LM  C-1.

Motor ciptaan LM C-1.

Advertisements

California, PADANGTODAY.COM-Perusahaan desain kendaraan listrik, Lit Motors (LM) asal California, Amerika Serikat, sejak pertama berdiri pada 2010, punya imaji menciptakan kendaraan pintar dan ramah lingkungan. LM sejak 2012 telah berhasil membuat C-1, kendaraan roda dua yang tidak bisa jatuh ke samping.

Menggabungkan motor listrik dengan alat bantu penyeimbang gravitasi, giroskop. Komponen bantuan tersebut digunakan untuk mengukur atau mempertahankan orientasi berdasarkan momentum sudut, seperti yang biasa digunakan pada pesawat terbang atau kapal laut.

Salah satu kelemahan mengendarai sepeda motor dengan konfigurasi dua roda segaris adalah beresiko jatuh bila pengendara kehilangan keseimbangan. LM menjelaskan, C-1 merupakan “mobil roda dua”. Pengendara mengemudikan sepeda motor seperti mobil tanpa perlu khawatir terjatuh.

Seperti dilansir BBC, pendiri LM, Daniel Kim, mengatakan, pemilik bisa mendapatkan keuntungan dari efisiensi sepeda motor dan keamanan serta kenyamanan mobil. Dalam sesi uji tabrak, C-1 bahkan tidak merebah ketika ditarik paksa oleh SUV.

Seluruh tenaga dihasilkan motor listrik yang sanggup menjelajah hingga 321 km. Dengan bobot keseluruhan sekitar 400 kg, akselerasi 0-100 kpj mampu ditempuh di bawah 6 detik.

C-1 terus dikembangkan, kabar terakhir, purwarupa telah dibuat dan versi produksi bisa dipasarkan pada akhir 2014. Target yang dituju, pasar dengan populasi sepeda motor besar seperti India dan China.

Buat para peminat harus cepat melakukan pemesanan. Daftar antrean telah mencapai 370 orang untuk 10.000 unit pertama. Saat dipasarkan nanti harganya mencapai Rp 273 juta.

(afh/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*