Lomba Olimpiade Sains Kategori Kewirausahaan Diikuti Siswa PKLK

pklkMataram, PADANGTODAY.com – Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-13 hari ini, Rabu (03/09/2014) kategori kewirausahaan diikuti sebanyak 31 siswa Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, jenjang pendidikan dasar, peserta. Lomba berlangsung di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Bambang Iswanto, juri kategori kewirausahaan bidang perencanaan bisnis, mengatakan, sebagian besar siswa PKLK tersebut berkebutuhan khusus tuna rungu. Di bidang ini, ada empat tes yang akan diikuti. Pertama, peserta diminta untuk membuat proposal rencana kerja. Setiap peserta dari daerah masing-masing sudah membuat proposal rencana kerja yang akan dilakukan.

Di tes kedua, dilakukan tes tertulis yang langsung dilakukan di lokasi lomba. Tes ketiga, peserta diminta membuat rencana penjualan. Dan di tes terakhir, peserta akan menyelenggarakan bazzar, pameran untuk penjualan barang-barang yang hari ini akan dimulai pukul 13.30 WITA. Hasil yang diharapakan dari tes-tes tersebut, kata Bambang, adalah para peserta bisa teraktualisasi kemampuannya sebagai wirausahawan.

“Para peserta tidak hanya tahu apa itu kewirausahaan, tetapi juga bisa melakukan bagaimana membuat rencana usaha, persiapannya dalam bentuk bisnis secara nyata,” ujarnya.

Pada pelaksanaan bazzar, para peserta akan melakukan penjualan langsung secara mandiri kepada semua pengunjung. Para peserta diajak untuk berperan sebagai wirausahawan, dan persiapan secara fisik peserta didampingi oleh para pembimbing atau pendamping dari daerah masing-masing. “Setelah melakukan bazzar, Besok para peserta akan diminta laporan dari hasil penjualan,” katanya. (mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*