Longsor Ke Empat Kalinya, Transportasi Palembayan Menuju Matur Putus Total

Tiga Siswa SD Agam berjalankaki kesekolah karena jalan menuju sekolah terkena Longsor.

Tiga Siswa SD Agam berjalankaki kesekolah karena jalan menuju sekolah terkena Longsor.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Jalan darurat yang dibangun masyarakat untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua, kembali longsor untuk ke empat kalinya, Senin (27/4) siang. Akibatnya transportasi dari Kecamatan Palembayan menuju Kecamatan Matur menjadi putus total hingga Selasa (28/4) hari ini.

Semantara untuk pembangunan jalan baru yang berjatrak 100 meter dari jalan lama yang longsor untuk upaya relokasi masih belum juga selesai, bahkan lokasi pembangunan jalan baru tersebut juga mengalami keretakan akibat longsor.

“Saat ini Tim dari Kabupaten telah turun ke lokasi untuk melakukan penelitian, dan hasilnya menunjukan posisi jalan tanah terban berada diatas cesar aktif yang rawan guncangan, maknya dilakukan relokasi, namun ujung jalan relokasi juga telah mengalami retak, sehingga perlu dilakukan pengkajian mendalam antara Dinas PU Agam dengan Dinas PU Propinsi” ujar Asisten II Pemkab Agam,” Isman Imran.

Sementara itu, salah seorang masyarakat palembayan, kasra Scorpi mengatakan, saat ini masyarakat terutama siswa dan pegawai harus menerobos jalan relokasi yang baru dibangun sepanjang 300 meter yang masih beralaskan tanah becek, sehingga mereka harus menjinjing sepatu, apalagi ketika hari penghujan, kondisi jalan sangat buruk untuk dilalui. Sedangkan untuk kendaraan umum dan roda dua dari Palembayan menuju Matur dan Bukittinggi harus memutar ke Palupuh melewati jalan Simpang Patai yang juga rusak parah serta ke Lubuk Basung dengan jarak yang jauh.

“Masyarakat sangat berharap agar pihak Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Propinsi untuk mempercepat penyelesaian jalan baru pengganti jalan yang telah longsor dengan menambah peralatan di lokasi serta pekerja. Dan yang terpenting adalah, segera membangun jalan darurat untuk kendaraan roda dua dan pejalan kaki,” ujar Kasra Scorpi.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*