LPM Harus Jadi Motor Penggerak Dalam Pembangunan Kelurahan

Wakil Ketua DPD LPM Sumbar, Irdinan Syah Tarmizi, melantik pengurus DPD LPM Payakumbuh.

Wakil Ketua DPD LPM Sumbar, Irdinan Syah Tarmizi, melantik pengurus DPD LPM Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD LPM) Kota Payakumbuh dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC LPM) Kecamatan se Kota Payakumbuh, masa bakti  2015 – 2020, berlangsung meriah di Aula SMK 2 Payakumbuh, Sabtu (28/11). Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh itu  dipimpin  Ahmad Zipal yang juga Ketua Komisi C DPRD kota ini.

Wakil Walikota Payakumbuh H.Suwandel Muchtar dalam sambutannya,  menyebutkan,  LPM merupakan suatu wadah yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat kelurahan. Wadha ini  merupakan  mitra pemerintah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dalam pembangunan kelurahan.

“Oleh karena itu,  sangat diharapkan, seluruh pengurus  LPM menyadari tugas dan fungsinya, yaitu  sebagai motor penggerak dalam mendorong terciptanya  partisipasi  masyarakat, dalam memacu pembangunan kelurahan.  LPM harus  terlibat langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan serta menjadi pemantau dan pengendali pembangunan di daerahnya,” ujar Wawako

Dikatakan Suwandel Muchtar, LPM sebagai pelaksana pembangunan berskala partisipasi harus mampu menghimpun potensi dan peran serta masyarakat setelah ini segera menyusun program kerja dan jalin terus koordinasi dengan seluruh SKPD, sehingga pada akhirnya kesejahteraan masyarakat di Kota Payakumbuh dari tahun ketahun dapat ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala BPMPKB Drs.Yummardius yang juga selaku panitia pelaksana menjelaskan pembentukan pengurus DPD LPM dan DPC LPM tersebut telah disesuaikan dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

”Sedangkan tujuan dari wadah ini adalah selain sebagai jembatan aspirasi masyarakat dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan partisipatif juga meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dlam pelaksanaan pembangunan di Kota Payakumbuh,” ujar Yummardius.

Pelantikan Pengurus DPD LPM dan DPC LPM dimaksud dilakukan langsung oleh Wakil Ketua DPD LPM Propinsi Sumatera Barat Irdinan Syah Tarmizi. Turut hadir dalam kesempatan ini selain Wawako juga Ketua DPRD YB.Dt.Permato Alam, Forkopimda, Ketua LKAAM Wirianto Dt.Paduko Bosa Marajo, Ketua GOW Ny.Rasyidah Suwandel dan undangan lainnya.

Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh yang dilantik itu diantanya Ketua Ahmad Zipal, Wakil Ketua I Khairul Kayo, Wakil Ketua II Ridwan yang juga anggota DPRD, Sekretaris Jon Rizal, wakilnya Marjohan, Bendahara dijabat Budi dan dilengkapi dengan 10 bidang.

Sedangkan Pengurus DPC LPM Kecamatan peride 2015-2020 masing-masing Kecamatan Payakumbuh Barat dipimpin Darwisman dengan Sekretarisnya Maidarlen, Payakumbuh Utara Elfais sebagai Ketua, Gusti Putra Sekretaris.

Berikut Kecamatan Payakumbuh Timur Ketua Edwar DF, Sekretaris Eli Elfiati, Payakumbuh Selatan Ketua Firman Z, Sekretaris Wiwi Firmalinda, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari Ketua Syawaril, Sekretaris Budiarto dan dilengkapi dengan 10 bidang.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*