LSM vs Pjs Walinagari

Ketua LSM Gempur Ali Nurdin Ketika Dijumpai Dikantornya

Padang-today.com__Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Muda Penerus Reformasi (Gempur), Ali Nurdin melaporkan Oknum Pjs Walinagari Sikucur, SO dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Nagari Sikucur, MA alias Buyuang Ciek ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariaman dengan no surat pengaduan 09/GEM-PRM/III-2017.

Laporan tersebut diserahkan tanggal 15 Maret 2017 lalu dengan dugaan penyimpangan penggunaan dana Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padangpariaman tahun anggaran 2016.

Menurut Ali Nurdin, berdasarkan hasil investigasi LSM Gempur ditemukan di dua lokasi proyek di Nagari Sikucur yakni pembukaan jalan Kampung Tangah Padang – Labuah Tirih dan peningkatan jalan ke lokasi Pariwisata Air Terjun Baburai yang menggunakan dana nagari (desa), diduga ada kejanggalan dalam pekerjaan, jelasnya.

“Dua Proyek yang dilaksanakan dinagari Sikucur tersebut diduga tidak sesuai dengan sebenarnya. Selain itu, ada indikasi mark up dalam harga satuan pekerjaan serta diduga tidak mengacu pada kajian teknis pada pekerjaan jalan dan jembatan serta tidak sesuai dengan RAB dan gambar perencanaan yang telah dibuat,” ungkap Ali Nurdin kepada media ini, Senen 20 Maret 2017 di Pariaman.

Ia menjelaskankan, material yang digunakan pada pembukaan jalan Kampung Tangah Padang – Labuah Tirih, Korong Durian Dangka, Nagari Sikucur, tidak sesuai dan tidak layak dipakai karena mengandung lumpur.
Sedangkan untuk peningkatan jalan ke lokasi Pariwisata Air Terjun Baburai, Korong Sikucur, Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, pelaksanaan pekerjaan proyek berakhir tanggal 25 Desember 2016 namun hingga bula Januari 2017, pekerjaanya masih berlangsung, terangngnya.

“Bahkan ketebalan rabat beton diragukan sesuai perencanaan, begitu juga dengan campuran adukan semen diragukan 1:4. Kami berasumsi, pekerjaan proyek tersebut asal jadi serta mengurangi mutu pekerjaan sehingga berpotensi merugikan keuangan negara,” tukasnya.

Dengan adanya temuan tersebut, lanjut Ali Nurdin, pihak LSM Gempur bersurat kepada Kejari Pariaman untuk melakukan penyidikan dan penyelidikan terhadap oknum Pjs walinagari tersebut.
“ LSM Gempur berharap agar pihak Kejari Pariaman untuk dapat menindaklanjuti laporan dari LSM Gempur dan segera melakukan penyidikan dan penyelidikan terhadap Oknum Pjs Walinagari Sikucur dan TPK Nagari Sikucur serta tim pendamping,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain dugaan penyimpangan penggunaan dana di Nagari Sikucur, LSM Gempur juga sedang mendalami dugaan penyimpangan penggunaan uang negara di Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman. Sebelumnya, LSM Gempur telah bersurat kepada Kejari Pariaman tentang Dugaan Korupsi Pembangunan Trotoar Kampuang Pondok – Sp Palung Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman dengan tahun anggaran 2016, tandas Ali Menghakiri.

Sementara Pjs Walinagai Sikucur ketilka dikonfirmasi mengatakan, sepanjang pembangunan proyek tersebut berjalan tidak ada yang bermasalah. Adapun riak-riak dilapangan, hanya sebatas ketidak puasan mereka, jelasnya.

” Terkait dengan pengaduan LSM tersebut, mari kita duduk semeja untuk meluruskan yang sebenarnya, artinya mari kita bersama-sama melihat langsung kelapangan,” ungkap Pjs Walinagari Sikucur. (Sg)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*