Luapan Air Bah, Rendam Puluhan Kios di Pasar Sungai Limau

Luapan Air Bah, Rendam Puluhan Kios di Pasar Sungai Limau

Advertisements

 

Padang-today.com___Genangan air bah melanda pasar Sungai Limau, Kenagarian Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau Padangpariaman, Sumbar, Minggu 05/08/2018 sekitar pukul 05.40 WIB, mengakibatkan penghuni kios di pasar tersebut terendam dengan meluapnya air bah setinggi Pinggang orang dewasa.

Akibat genangan tersebut operasi pasar yang biasanya pukul 07.00 WIB tertunda hingga pukul 09.00 WIB namun dengan memanfaatkan trotoar pedagang musiman setiap hari Minggu mengelar daganganya di trotoar tersebut.

“Jumat (27/7) lalu Pasar Sungai Limau juga direndam air namun tidak separah sekarang,” kata warga setempat, Hendra (37) di Sungai Limau, Minggu.

Untuk hari ini, lanjutnya air merendam pasar mulai sekitar pukul 05.40 WIB dan mulai surut sekitar pukul 08.00 WIB.

Warga lainnya, Jusmiaty (44) berharap pemeritah setempat memasang beton penahan di tepi sungai Batang Kuranji agar hal serupa tidak terjadi kembali.

“Beton itu diperlukan untuk menahan air Batang Sungai Limau apalagi lokasi pasar yang rendah,” katanya.

Ia memperkirakan ketinggian air yang merendam pasar tersebut mulai dari 40 centimeter hingga satu meter.

Salah seorang pedagang, Nando (30) mengatakan dirinya masih menutup kedainya karena menurutnya daya beli berkurang karena daerah itu masih diguyur hujan.

Luapan Air Bah, Rendam Pasar Sungai Limau

Namun sejumlah pedagang lainnya mulai membersihkan kedainya dengan memanfaatkan air sisa luapan Batang Sungai Limau.

Selain merendam pasar, luapan air tersebut juga merendam sebuah masjid yang berada di dekat pasar tersebut.

Pantauan www.padang-today, kedalam air di sekitar kawasan aliran sungai tersebut hampir mencapai 2 meter, hingga mengakibatkan 220 kios, 40 rumah warga belakang pasar dan 1 rumah ibadah Masjid Raya dan  2 Mushala, serta 1 Puskesmas ikut terendam banjir.

Selain itu, 400 hektare sawah warga juga ikut terendam di korong Padang Bintungan dan Korong Lampanjang dan korong Padang Kerambia terancam gagal panen. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*