Luruskan Niat Oleh Dana Kurnia Surveyor DDDS

Dana Kurnia Surveyor DDDS.

Dana Kurnia Surveyor DDDS.

Advertisements

PADANGTODAY.com-Berbicara tentang niat, otomatis kita berbicara soal hati. Apa yang diucap di bibir mungkin bisa dikarang seindah mungkin, namun apa yang ada di hati, orang lain tidak pernah tahu. Hanya menjadi rahasia orang yang bersangkutan dan Allah.

Seringkali apa yang keluar dari mulut tidak sama dengan apa yang ada di hati. Di luar mengatakan ingin sedekah untuk menjadi bagian dakwah dan mengharapkan ridha Allah, tapi dari hati yang paling dalam ada perasaan ingin dipuji. Alhasil, yang tadinya ingin ibadah malah jadi riya dan dosa.

Dalam melakukan perbuatan apapun niat merupakan hal yang paling utama. Apabila niat belum jelas, maka hasil yang diperoleh juga belum optimal. Dalam bersedekah niat awal sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu agar kita selalu dalam kondisi yang terbaik. Kalau kita memberikan sesuatu kepada orang lain hanya ingin dipuji, maka hasil yang didapatkan adalah hanya sekedar pujian dari orang lain tanpa mendapatkan ganjaran dari Allah Swt.

Amalan besar bisa dikerdilkan karena niat, dan amalan kecil bisa dibesarkan karena niat juga. Jangan pernah sampai amal besar kita menjadi kecil nilainya di sisi Allah karena kita salah niat.  Rasulullah S.A.W bersabda : “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya” (HR. Bukhari Muslim).

Jika kita pintar menata niat dalam menjalankan kehidupan, maka kita akan menjadi manusia yang beruntung, mulailah segala sesuatu dengan niat yang baik. Apabila di tengah perjalanan ada gangguan, kita harus ingat tetap pada niat awal, kembali sesegera mungkin untuk meluruskan niat dan pikiran kita akan menjadi rem untuk melakukan perbuatan yang bertolak belakang dengan niat awal.

Semoga amalan shaleh yang kita lakukan niatnya lurus karena Allah Swt. Bukan karena ingin dipuji manusia, bukan  karena meninggikan diri, bukan karena sombong dan lain sebagainya. Jika niat kita sudah mulai berbelok arah maka kembalilah ke niat awal dan segera luruskan kembali. (dil/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*