Mahasiswa KKN-PPM UBH di Nagari Andaleh Laksanakan Sosialisasi Pembukuan dan Penyusunan Laporan Keuangan

905929_883883165032550_3497099691175120262_o

Advertisements

Tanahdatar, PADANGTODAY.com-Mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar mengadakan Sosialisasi Pembukuan dan Penyusunan Laporan Posisi Keuangan Sederhana bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada daerah tersebut.

Kegiatan itu dilaksanakan UKM kulit kayu manis dan bibit bunga dan mahasiswa yang melakukan kegiatan tersebut yaitu Ari Zulkarnaen, Mariyos Alam Fajisra, Titi Warnita, Fauziah Rahmi dan juga melibatkan mahasiswa Jurusan Manajemen Dira triana dengan dosen pendamping lapangan (DPL) di nagari tersebut yaitu Ice Kamela, SE, M.Si.

Ari Zulkarnaen mengatakan pada umumnya UKM di Nagari Andaleh memiliki kendala dalam membuat pelaporan keuangan usahannya. Pemilik UKM tersebut hanya menghitung jumlah total penjualan saja, padahal masih terdapat biaya-biaya lainnya yang perlu diperhitungkan, misalnya saja untuk biaya tranportasi.

“Selain itu juga kebanyakan UKM di Nagari Andaleh menggunakan uang usahanya untuk keperluan pribadi sehingga mengakibatkan total penjualan yang tidak sesuai dengan barang yang dijual,” ungkapnya.

Ia menyebutkan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta memberikan masukan kepada pemilik usaha agar dapat membuat pembukuan dan penyusunan laporan posisi keuangan sederhana, sehingga pemilik usaha dapat mengetahui posisi keuangan dan total laba/rugi bersih.

“Tentunya dengan kegiatan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta dan pemilik usaha dapat mengetahui kondisi keuangan dan laba/rugi yang jelas dan dapat menilai apakah UKM melakukan pembukuan dan pelaporan keuangan yang baik,” sebutnya. (admin/rel/bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*