Mahasiswa KKN-PPM UBH Perkenalakan Masyarakat Pembuatan Tempe Kacang Hijau

kkm0

Advertisements

Solok, PADANGTODAY.com-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta Di Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunuang Talang, Kabupaten Solok memperkenalkan masyarakat proses pembuatan tempe dari bahan kacang hijau.

Kegiatan tersebut merupakan program pokok yang dilaksanakan oleh Wawan Satria Dharma mahasiswa dari jurusan Teknik Kimia yang melakukan penyuluhan kepada masyarakat setempat terutama bagi ibu-ibu.

Ia mengatakan banyak masyarakat di sini yang tidak begitu mengetahui bila kacang hijau dapat diolah menjadi tempe. Meskipun biasanya tempe berbahan dasar kacang kedelai namun dengan memanfaatkan kacang hijau dan jagung sebagai bahan pangan alternatif.

“Kegiatan dimulai dengan pengenalan tempe dari kacang hijau diteruskan dengan diskusi dan tanya jawab tentang tempe dari kacang hijau. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya sosialisasi saja namun juga melibatkan masyarakat secara langusng untuk melakukan proses pembuatannya sehingga masyarakat akan lebih paham lagi teknik pembuatan tempe dari kacang hijau,” jelasnya mahasiswa angkatan 2013 ini.

Wawan juga menambahkan dengan kegiatan ini dapat masyarakat dapat menambah informasi tentang pemanfaatan bahan nabati seperti jagung ataupun kacang hijau menjadi produk olahan lainnya yang memiliki nilai jual lebih ekonomis seperti tempe ini.

“Saat penyuluhan ini masyarakat sangat antusisasi sekali. Kedepannya ibu-ibu di sini dapat memulai untuk mencoba membuat tempe dari kacang hijau untuk konsumsi pribadi terlebih dahulu. Jika memungkinkan akan dilanjutkan dengan pembuatan home Industri tempe, khususnya dari kacang hijau, karena di sini ini belum terdapat industri pembuatan tempe,” ujarnya.(admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*