Mahasiswa Undip Desak Pemerintah Pusat Mengesahkan Aturan Polwan Pakai Jilbab

dukung-polwan-pakai-jilbabSemarang, PADANGTODAY.com – Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Diponegoro, Puluhan hijabers yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Muslimah Kota Semarang dari Universitas Negeri Semarang, mendesak pemerintah pusat untuk mengesahkan aturan bagi Polwan dalam mengenakan jilbab selama bertugas.

Hal itu dilakukan puluhan hijabers dari Jaringan Muslimah Daerah dan Komunitas Peduli Jilbab tersebut, dengan menggelar aksi simpatik di bundaran Tugumuda, Kota Semarang Jawa Tengah, Kamis (4/9) pukul 08.00 WIB pagi tadi.

Dalam aksinya, mereka menyerukan dukungan mengenakan jilbab bagi semua perempuan Muslim di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang. Mereka juga membawa berbagai atribut poster bertuliskan ‘Berawal Dari Jilbab Kita Perbaiki Nurani Bangsa’, ‘Keep Calm and Just Use Your Hijab’, dan ‘Dukung Polwan Pakai Jilbab’.

Koordinator aksi dari mahasiswa jurusan Kelautan Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip, Najla Annisa, meminta kepada pemerintah agar segera mengesahkan peraturan yang mewajibkan Polwan memakai jilbab.

“Sebab, Polwan berjilbab ke depan bisa menjadi pilot project bagi semua instansi supaya mewajibkan pegawainya memakai jilbab selama bekerja. Jadi, kami berharap tidak ada lagi diskriminasi bagi pekerja yang memakai jilbab,” kata dia.

Dia juga berharap, setelah memakai jilbab setiap muslimah bisa menjalankan kewajibannya apalagi memakai jilbab hukumnya wajib sesuai ajaran agama Islam.

Sementara, Ayu Utari, mahasiswa Ilmu Budaya Undip mengatakan, untuk mendukung aturan hijab menjadi pakaian dinas resmi bagi Polwan, dalam aksinya juga membagikan hijab gratis kepada masyarakat. “Maksud kami untuk menggalakan warga memakai hijab,” urainya.

Menurut dia, aksi kali ini juga untuk menyambut Hari Hijab Internasional. Sehingga, ada sedikitnya 50 mahasiswa dari seluruh Semarang raya ikut aksi simpatik. “Selain menyebar bunga, kita juga orasi dan pembagian kerudung. Sebab, hijab itu wajib dikenakan bagi warga muslim untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME,” ujar.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*