Mahyeldi : Kesadaran Warga Padang Mengenakan Masker Masih Rendah

PADANG,PADANGTODAY.COM-Di tengah kabut asap yang membekap Kota Padang membuat Pemerintah Kota Padang berempati dan mengimbau masyarakat agar mengenakan masker. Walikota mengajak masyarakat untuk terus menggunakan masker setiap beraktifitas di luar rumah.
Akan tetapi sejak Pemko Padang memberi imbauan untuk mengenakan masker, Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo melihat kesadaran warga mengenakan masker masih terbilang rendah. “Memang kesadaran masyarakat kita memakai masker sangat rendah,” aku Walikota, kemarin.
Diceritakan Walikota, pada saat dirinya mendatangi salah satu sekolah di Kota Padang, Walikota sempat menanyakan kepada seorang siswa yang tidak mengenakan masker. “Mana maskernya? Siswa tersebut menjawab kalau masker miliknya disimpan di dalam tas,” cerita mahyeldi.
Walikota mengimbau kepada seluruh guru sekolah untuk tetap dan terus mengingatkan siswanya agar terus mengenakan masker. “Saat akan masuk kelas, guru supaya mengingatkan siswanya. Kita memang harus nyinyir mengingatkan warga kita,” kata Mahyeldi.
Selain itu Walikota juga berharap seluruh ASN di lingkup Pemko Padang menjadi pioneer dalam mengingatkan warga untuk peduli kesehatan dari kabut asap dengan terus mengenakan masker. “Kabut ini mengajarkan kita untuk melindungi diri dengan mengenakan masker. Dengan masker kita bisa terlindungi,” kata Walikota.
Sementara itu Kepala Bapedalda Kota Padang Edi Hasymi menyebut hingga Rabu sore, tingkat parameter pm10 udara Kota Padang memasuki level sedang. “Hingga pukul 15.00 Wib, parameter pm10 berada di angka 135,34 ug/nm3,” katanya.
Dikatakan Edi, suhu udara di Kota Padang tidak cukup panas sejak turunnya hujan. Apabila partikel debu di udara mengalami peningkatan, kabut asap akan terlihat tebal dan suhu udara semakin panas.(*/can)

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*