Manager Program Dompet Dhuafa Singgalang “Memandirikan Kesehatan”

teropong-(12)
Padang, PADANGTODAY.com-Kesehatan adalah salah satu nikmat yang luar biasa dari Allah SWT. Kesehatan menjadi penting dalam segala hal dalam kehidupan. Mulai dari urusan dunia sampai urusan akhirat. Banyak hal yang tidak dapat kita laksanakan bila kesehatan tubuh kita terganggu, sholat berjamaah di masjid, nikmatnya beribadah di bulan ramadhan, sampai bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Menurut data yang dihimpun Dompet Dhuafa, sebanyak 30% masyarakat rentan miskin akan menjadi miskin ketika terkena penyakit, apalagi penyakit kronis.

Advertisements

Melalui JKN yang dikelola BPJS, semakin banyak masyarakat, terutama yang kurang mampu, dapat menikmati fasilitas kesehatan yang ada. Meskipun masih terdapat banyak permasalahan, apresiasi harus kita berikan kepada Pemerintah yang sudah mulai serius dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

Namun masalah kesehatan yang ada pada masyarakat tidak akan tuntas dengan menyediakan fasilitas kesehatan (berobat). Karena banyak penyakit yang timbul disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dari masyarakat itu sendiri. Untuk itulah, Program-program kesehatan yang dilaksanakan haruslah mengarah pada Program Kesehatan yang promotif dan preventif.

Program-program kesehatan bersifat promotif dan preventif bertujuan agar masyarakat membiasakan pola hidup sehat. Mulai dari bentuk penyuluhan tentang kebersihan, membiasakan olahraga, perbaikan kualitas konsumsi, sampai memanfaatkan halaman rumah untuk menanam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan maupun mengobati penyakit yang lazim dialami keluarga.
Dalam perjalanannya, Dompet Dhuafa sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat yang berjuang untuk mengentaskan problematika ummat, memiliki program kesehatan yang mengambil peran bagi masyarakat miskin (maupun yang rentan miskin). Mulai dari Aksi layanan sehat, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (Klinik), sampai ke Rumah Sakit berstandar B. Menjalankan peran untuk mengentaskan problematika, Dompet Dhuafa tidak lagi berfokus pada bantuan kesehatan karitas (bantuan langsung, pengobatan gratis). Tapi sudah mulai mengembangkan Program kesehatan yang berbentuk pemberdayaan.

Pemberdayaan Kesehatan maksudnya adalah menjadikan masyarakat sebagai subjek program kesehatan, bukan lagi sebagai objek program kesehatan. Hal ini bertujuan agar masyarakat menjadi mandiri untuk kesehatan diri mereka, tidak bergantung pada pihak lain. Melalui pendekatan mencari akar masalah yang terdapat di masyarakat, Dompet Dhuafa mengidentifikasi permasalah yang lazim dan menjadi fasilitator bagi pemecahan masalah keshatan masyarakat.

Melaui program pemberdayaan, Promosi kesehatan dan pencegahan penyakit akan lebih memungkinkan untuk mencapai tujuan Pola Hidup Sehat di masyarakat. Karena diawali dengan mengajak masyarakat untuk menyadari kesalahan pada pola hidup yang telah dijalankan, kemudian menyelesaikan bersama masalah kesehatan tersebut. Mari ambil berkahnya dengan turut serta mensukseskan program Kesehatan Dompet Dhuafa Singgalang. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*