Manfaat Bau Badan Untuk Deteksi Penyakit

bau-ketiakPADANGTODAY.com – Bau badan yang menyengat memang sering membuat rasa percaya diri menurun. Meski begitu, bau badan adalah bagian diri kita. Bisa dikatakan bahwa memiliki bau badan adalah hal yang normal. Bau badan terjadi karena adanya aktivitas bakteri yang bercampur dengan keringat yang menempel di permukaaan kulit.

Tapi tahukah Anda, ternyata bau badan dapat dimanfaatkan sebagai pendeteksi penyakit. Bau badan seseorang yang sedang sakit memang berbeda jauh dengan bau badan seseorang yang sehat. Bau badan pada orang yang sehat mudah dihilangkan dengan mandi dan memakai deodorant. Sedang bau badan pada orang yang menderita gangguan kesehatan sulit untuk dihilangkan.

Terdapat beberapa jenis penyakit tertentu yang dapat memicu tubuh mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Sebut saja salah satunya adalah penyakit trimethylaminuria atau biasa disebut TMAU. Penyakit ini masuk ke dalam kategori penyakit langka karena penderita hanya 1 dari 200.000 orang.

Penyakit ini menyebabkan terjadinya gangguan metabolik dalam tubuh sehingga tubuh mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau tak sedap yang ditimbulkan berbeda antar tiap pasien. Aroma atau bau badan yang paling tidak sedap dari penderita penyakit MTAU adalah aroma amis dan busuk seperti sampah.

Kemudian jenis penyakit lainnya yang dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap pada tubuh penderitanya adalah penyakit diabetes dan liver. Namun bau badan yang tercium tak separah bau badan pada penderita penyakit MTAU. Pasien diabetes dan liver juga kerap kali mengalami bau mulut yang tak sedap.

Hanya saja gejala bau mulut tak sedap ini baru akan muncul jika penyakit pasien sudah memasuki tahap berat/ kronis. Untuk meneliti seputar bau badan dan bau mulut, di Amerika banyak organisasi kesehatan yang memanfaatkan indra penciuman anjing sebagai penderteksi bau badan dan bau mulut pasien.

Anjing-anjing ini diberi pelatihan khusus agar lebih optimal dalam mendeteksi bau mulut dan bau badan guna mendeteksi penyakit yang tersembunyi di dalam tubuh pasien. Jadi mulai sekarang, jangan sekali-kali abaikan bau badan dan bau mulut. Pastikan bahwa bau badan dan bau mulut Anda termasuk hal yang wajar, bukan sebuah indikasi bahwa Anda mengidap suatu penyakit. (dp/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*