Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan

ilustrasi

ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Keringat merupakan hal normal yang dihasilkan oleh manusia. Baik setelah berolahraga, kepanasan, atau setelah mengonsumsi makanan yang pedas membuat keringat suka mengucur deras. Sebagian besar dari Anda mungkin tidak terlalu suka ketika Anda berkeringat. Sebab Anda menganggap bahwa keringat adalah hal yang memalukan. Padahal, tahukah Anda bahwa keringat ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda?

Inilah manfaat berkeringat bagi kesehatan tubuh Anda.

Melawan kuman
Kelenjar keringat Anda mengeluarkan antibiotik alami yang kuat yang disebut dengan dermcidin. Peneliti dari University of California Tomas Ganz mengatakan bahwa zat ini mampu melindungi kulit Anda dari serangan kuman yang mampu membuat kulit mengalami infeksi.

Menyembuhkan luka
Tahukah Anda bahwa keringat mampu membantu Anda dalam menyembuhkan luka? Penelitian yang ditulis di American Journal of Pathology mencatat bahwa kelenjar ekrin yang aktif saat Anda berkeringat akan menyebabkan sel induk kulit untuk segera menutup saat terjadi luka ringan. Sehingga berkeringat akan mempercepat proses penyembuhan luka Anda termasuk dari goresan, luka bakar, atau bisul.

Membuat Anda bahagia
Apakah Anda sering merasa bahagia saat sedang berkeringat? Hal ini disebabkan karena meningkatnya kadar endorphin dalam tubuh saat Anda berkeringat. Endorphin sendiri merupakan hormon yang berkontribusi untuk mencerahkan suasana hati Anda. Sehingga saat berkeringat Anda akan merasa jauh lebih baik.

Menyehatkan ginjal
Berkeringat membatasi akumulasi garam dan kalsium dalam ginjal dan urin Anda sehingga mampu mengurangi risiko batu ginjal. Selain itu saat Anda berkeringat maka Anda akan cenderung merasa haus sehingga konsumsi air minum akan lebih besar. Semakin banyak Anda minum, maka ginjal Anda juga semakin sehat. Penelitian yang diterbitkan di American Society of Nephrology bahkan menyebutkan bahwa olahraga yang membuat Anda berkeringat akan menurunkan risiko pembentukan batu ginjal hingga 31%.

Keringat rupanya memang menyehatkan untuk tubuh. Jadi sebaiknya Anda jangan malu saat berkeringat.

 

(feb/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*