Manfaat Tidur Secara Sehat dan Berkualitas

Ilustrasi

Ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Tidur merupakan kebutuhan semua orang. Namun tidak semua menyadari pentingnya tidur dengan baik. Tidak sedikit orang yang peduli pada jam tidur secara sehat dan berkualitas.

Sebuah lansiran dari Huffington Post (24/04), mengungkapkan bahwa alam telah merancang sebuah skema yang sangat luar biasa hanya dari tidur saja. Bayangkan, betapa banyak manfaat positif dari tidur yang Anda lakukan selama ini.

Dari sumber tersebut dikatakan manfaat tidur secara sehat dan berkualitas dimulai dari pukul 9 malam. Itu adalah waktu di mana tubuh sangat ideal untuk beristirahat. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah bagian-bagian tidur lengkap dengan manfaat terbaiknya:

Jam 9 – 11: perbaikan tiroid, kelenjar adrenal. Penting untuk metabolisme dan tingkat energi. Penataan kembali mental. Keseimbangan emosional, seperti putus asa, bingung, dan paranoia.
Jam 11 – 1: lebih mengarah pada otot dan perbaikan jaringan, Menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh. Mengontrol keseimbangan emosional, yang meliputi kepahitan dan kebencian.
Jam 1 – 3: detoksifikasi hati, jantung, dan organ lain. Ini merupakan fase tidur terdalam. Mampu mengontrol keseimbangan emosi yang terdiri dari kemarahan, frustasi, dan marah.
Jam 3 – 5: paru paru. Di fase ini adalah saat di mana pelepasan limbah beracun terjadi. Hal tersebut terbukti dari batuk-batuk ringan di pagi hari bagi para perokok.
Jam 5 – 7: usus halus dan usus besar. Waktu yang sangat optimal untuk bagian usus melakukan aktivitasnya secara berkualitas. Di fase ini juga akan mengontrol keseimbangan emosional, seperti rasa bersalah, merasa terjebak, takut, dan defensif.

Jelas, ini bukan masalah tidur selama tujuh sampai 8 jam secara teratur. Namun juga melibatkan timing atau waktu yang tepat. Begitu banyak manfaat dari tidur sehat. Lantas, masih ingin menyepelekan waktu tidur Anda?

(ega/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*