Mantan Kepala Bappenas RI : Etos Kerja Masyarakat Masih Rendah, Ketergantungan Kepada Orang Lain Masih Tinggi

Fhoto : Adrinof Chaniago mantan Kepala Bappenas RI era Presiden Jokowi memberikan kuliah umum di IAIN Batusangkar dengan tema “Membangun Etos Kerja dan Kewirausahaan”, senin (26/02/18).(malin/ddy)

Advertisements

TANAH DATAR, www.padang-today.com,- Akibat etos kerja masih rendah, masyarakat cenderung bersifat konsumtif dan dimanjakan untuk menjual harta bukan hasil kerja.

Hal itu disampaikan Dr. Adrinof Achir Caniago, M.Si Dosen Ekonomi Politik Departemen Ilmu Politik FISIP-UI, saat memberi kuliah umum dihadapan ratusan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Senin (26/02) di Auditorium IAIN Batusangkar.

“Saatnya kita harus berubah, tantangan terbesar pada tahun 2020 ini adalah ketika kita nemasuki era “bonus demografi” atau beban demografi, karena kita punya jumlah tenaga kerja yang tinggi mencapai 70 persen namun tidak produktif, maka ini akan menjadi beban demografi (calon pengangguran) dan tingkat ketergantungan kita pada orang lain tinggi,” ucap Adrianof yang pernah menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas era Presiden Jokowi ini.

Dalam kuliah umumnya, Adrinof juga mengatakan jika saat ini masyarakat masih bersifat manja, tidak mau bekerja atau berkeringat dan inilah penyakit yang di hadapi masyarakat saat ini.

Beban kedua yang sedang dihadapi bangsa ini ucapnya, adalah era digital, ini juga akan menghapus banyak pekerjaan, karena perkembangan zaman yang sudah super digital.

“Bahkan nanti bank-bank tidak lagi butuh teler cukup memanfaatkan teknologi, itu sudah akan mengurangi tenaga kerja, bagaimana jika 70 persen tenaga kerja kita ini yang tidak memiliki skill atau produktifitas kerja rendah sudah barang tentu akan menjadi beban demografi itu,” sebutnya lagi.

Komisaris PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ini juga mengatakan, memasuki era yang penuh tantangan ini tentu perlunya generasi yang tangguh dan punya sikap mental yang kuat (etos kerja), ini tentu sangat diharapkan kepada mahasiswa atau calon pekerja yang gigih dan punya jiwa wirausaha.

Adrianof juga menyinggung pemkab Tanah Datar untuk tidak mengeluh karena tidak memiliki sumber daya alam, tambang, industri atau lainnya. Namun pemkab harus sadar jika daerah ini memiliki alam yang indah, dan perlu inovasi untuk memanfaatkannya dengan  ide maka harus ada inisiatif, agar dapat mewujudkan itu.

Kuliah umum yang mengangkat tema “Membangun Etos Kerja dan Kewirausahaan”, itu turut dihadiri Staff Ahli Bupati Tanah Datar Zulkifli, Ketua Dekranasda Ny. Emi Irdinansyah, Kepala Dinas Koperindagpastam Abdul Hakim, Rektor IAIN Kasmuri, Para Dosen, Pimpinan BRI Kanwil Padang, Pimpinan Cabang BRI Batusangkar dan undangan lainnya.(ddy)