Mantan Presiden Kuba Tandatangani Manifesto Dukung Palestina

fidel-castro-tandatangani-manifesto-dukung-palestina-(1)Palestina, PADANGTODAY.com – Mantan Presiden Kuba Fidel Castro menandatangani manifesto internasional buat mendukung Palestina. Manifesto itu menuntut Israel menghormati resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menarik pasukannya dari Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur.

Advertisements

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Ahad (10/8), Castro yang akan berusia 88 tahun pekan depan, menandatangani manifesto internasional bernama Demi Pembelaan terhadap Palestina itu bersama para politisi dan intelektual.

Surat kabar Granma dua hari lalu melaporkan Presiden Bolivia Evo Morales, Artis Argentina sekaligus peraih Nobel Perdamaian Adolfo Peres Esquivel, penari Kuba Alicia Alonso dan penulis Amerika Serikat alice Walker juga ikut menandatangani manifesto internasional itu.

Jaringan untuk Pembelaan Kemanusiaan yang memprakarsai manifesto itu mengajak sejumlah organisasi di Amerika Latin.

Manifesto itu meminta para pemerintah di seluruh dunia menuntut Israel untuk menghormati resolusi dari Dewan keamanan PBB nomo 242 yang disusun setelah Perang Enam Hari pada 1967.

Castro sebelumnya menuding Israel tengah mempraktikkan bentuk baru fasisme melalui operasi militernya terhadap Palestina.

Sejak 8 Juli lalu konflik Palestina-Israel telah menewaskan 1.913 warga Palestina dan 67 orang Israel, hampir seluruhnya tentara.

Kecaman keras terhadap Israel juga datang dari Presiden Brasil Dilma Rousseff dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Brasil, Chile, Ekuador, Peru, dan El Salvador kini sudah menarik duta besarnya di Israel. Jumat lalu warga Bolivia berunjuk rasa mengecam tindakan Israel dan menyebut mereka sebagai negara teroris.

(mr/nol)