MARAK AKSI PEMALAKAN TERHADAP TURIS, POLRES MENTAWAI PATROLI

Advertisements

Padang-today.com… Polres Kepulauan Mentawai,Sumbar melakukan patroli di perairan Malakopak dimana turis main surving terkait adanya aksi pemalakan terhadap turis.
“Guna meningkatkan pengamanan, terutama aksi pungli di perairan Mentawai terutama di Malakopak dimana para turis sering main selancar, polisi patroli di perairan tersebut,”kata Kasat.Reskrim Polrest Mentawai, IPTU Herit Syah saat di hubungi dari Padang.
Ia menjelaskan,dalam melakukan patroli tersebut ada juga melibatkan Kapolsek Sikakap, IPTU Jenedi, Kasat.Pol Air Mentawai, IPTU Budi Setiawan. Pihaknya saat di Malakopak langsung mendatangi kapal-kapal yang ada di perairan tersebut dan bertemu dengan para turis, Nahkoda serta kru kapal.
“Saat patroli tersebut para turis merasa nyaman perairan tersebut, mereka malah enjoy bermain selancar, tidak ada pengancaman bahkan di palak saat bermain,”ungkapnya.
Disamping itu lanjut Herit petugas mendatangi kepala desa serta tokoh masyarakat Malakopak. “Kepala desa serta tokoh masyarakat sangat senang adanya patroli tersebut. Bahkan mereka terbuka mau kerjasama dengan pihak kepolisian dalam mengantipasi tindakan atau aksi pemalakan terhadap turis main surving,”jelasnya.
Ia menyatakan, Desa Malakopak petugas juga membawa salah seorang pemuda diduga melakukan aksi pemalakan terhadap turis ketika main surving.
“Pemuda tersebut di bawa ke Polsek Sikakap untuk dimintai keterangan terkait adanya dugaan pungli terhadap turis ketika main selancar pada Minggu (2/7) siang hari,”katanya.
Ia menjelaskan, pemuda tersebut bukan ditangkap namun diamankan petugas untuk dimintai keterangan sesuai dengan informasi didapat dan ditindaklanjuti,”
“Saat ini pihak kepolisian masih menunggu pelapor atau korban untuk melaporkan dugaan pungli tersebut,”ungkapnya.
Jadi pihak kepolisian baru menerima keterangan sepihak dari pelapor sedangkan dari keterangan pelapor sampai sekarang tidak ada bagaiman memproses sesuai dengan hukum yang berlaku.
“Pihak kepolisian masih menunggu dari pihak pelapor atau korban. Petugas bisa memproses sesuai hukum berlaku bila ada pelaporan dari korban,”tegas Herit Syah.
Herit Syah berharap pemilik kapal atau turis merasa terancam atau di peras oleh pemuda setempat untuk membuat laporan.
“Kalau ada informasi segera melaporkan ke polsek terdekat atau Polres Mentawai. Kami bisa segera melakukan upaya hukum,”imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*