Marco van Basten Kembali Bergabung Ke Timnas Belanda

Marco Van Basten

Marco Van Basten

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Legenda sepak bola Belanda Marco van Basten kembali bergabung dengan tim nasional Negeri Kincir Angin tersebut. Mantan striker AC Milan tersebut mendapat peranan sebagai asisten pelatih baru Danny Blind.

Bagi Basten, ini kali kedua dia menangani tim Oranye. Sebelumnya, Van Basten pernah menjadi pelatih negaranya antara 2004 dan 2008.

Blind, yang sebelumnya menjadi asisten Guus Hiddink, naik jabatan pada 1 Juli setelah pelatih kepala tersebut (Hiddink) dipecat akhir bulan lalu. Mantan bek internasional Belanda ini pun menunjuk Van Basten mengisi kekosongan posisi asisten pelatih.

Dengan demikian, Van Basten yang selama ini bekerja sama dengan John van den Brom di AZ Alkmaar, secara resmi melepaskan jabatannya di klub Eredivisie tersebut. Dia kembali ke arena internasional.

“Saya sangat menantikan pekerjaan yang menarik ini dan juga menantikan kolaborasi dengan Danny Blind,” ujar Van Basten. “Saya harus membuat pilihan yang sulit ini, karena peran di AZ sesuai keinginanku. Blind meyakinkan saya mengenai tantangan tim nasional.”

Sebagai pemain, Van Basten menjadi bintang Belanda saat menjuarai Piala Eropa 1988. Pria 50 tahun ini pun mencetak gol spektakuler di partai puncak event tersebut, yang membawa Belanda menang 2-0 atas Uni Soviet (sekarang Rusia).
(GOAL/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*