Masaru Kawada Warga Jepang Divonis Penjara Seumur Hidup

Masaru kawada saat ditanyai kejaksaan Kota Pariaman.

Masaru kawada saat ditanyai kejaksaan Kota Pariaman.

Advertisements

Pariaman,PADANGTODAY.com-Masaru Kawada (73) Warga Negara Jepang yang tertangkap di Bandara Internasional Minangkabau saat membawa Sabu seberat 2,7 kg pada 22 November 2014 silam di vonis penjara seumur hidup, di Pengadilan Negeri Pariaman (20/5) Rabu kemaren.

Dalam persidangan yang diketuai oleh hakim Jon Effreddi, majelis hakim menyatakan perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dalam hal perbuatan mengekspor narkoba dari Makau ke Indonesia.

“Perbuatan terdakwa telah bertentangan dengan semangat pemerintah dalam memberantas Narkoba. Kepada terdakwa dijatuhkan pidana penjara seumur hidup,” tegas majelis dalam amar putusannya di persidangan.

Sementara itu, terdakwa melalui penasehat hukumnya dengan tegas dipersidangan resmi menyatakan banding atas putusan hakim tersebut.

“Kami menyatakan banding yang mulia,” ujar PH terdakwa Susvida Lastri.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Pariaman, Sumatera Barat, Amrizal pada sidang di Pengadilan Negeri Pariman, Selasa (28/4/2015) yang lalau menuntut Masaru Kawada hukuman penjara selama 16 tahun, denda Rp1 miliar subsider 1 tahun 6 bulan penjara.

Sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Jon Effreddi tersebut, JPU menuturkan, dari fakta persidangan, perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, menyelundupkan narkoba jenis sabu dari Makau ke Indonesia.

Dalam dakwaan JPU, terdakwa dijerat dengan pasal 112 ayat (2), pasal 113 ayat (2), pasal 114 ayat (2) dan pasal 115 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan maksimal ancaman hukuman mati.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*