Masyarakat Bawan Bangun Mesjid Dengan Sumbangan Warga

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri meletakkan Batu Pertama dalam pembangunan mesjid Babussalam Pasar Bawan

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri meletakkan Batu Pertama dalam pembangunan mesjid Babussalam Pasar Bawan

Advertisements

Agam, PADANGTODAY.com – Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, Rabu (5/6), melakukan peletakan batu pertama pembangunan mesjid Babussalam pasar Bawan kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Pembangunan kembali mesjid yang berukuran 20 x 20 meter tersebut bersumber dari bantuan swadaya masyarakat dengan sistem gotong royong.

Wakil Bupati Agam mengapresiasikan kekompakan yang ditunjukkan oleh masyarakat Bawan dalam hal membangun mesjid.

“Kita melihat kekompakan masyarakat yang berbaur bersama-sama dalam membangun tempat ibadah dan menyumbangkan uang tunai, semen, seng serta material lainnya dengan penuh semangat. Sedangkan kaum ibu membawa makanan untuk masyarakat yang bekerja membangun mesjid, hal ini hendaknya perlu ditiru oleh masyarakat lainnya di Kabupaten Agam serta masyarakat Sumatera Barat pada umumnya,” ujar Irwan Fikri.

Wabup menambahkan, kekompakan masyarakat seperti ini mencerminkan masih kentalnya budaya saling membantu di tengah masyarakat, apalagi membantu untuk pembangunan tempat ibadah.

“Saya berharap semoga kekompakan seperti ini terus dipelihara oleh masyarakat dalam segala bidang, sehingga masyarakat dapat terus menyatu, serta mesjid yang telah dibangun nantinya dapat dimanfaatkan untuk membina generai muda dari ancaman luar yang bisa merusak moral generasi muda saat ini,” kata Irwan Fikri.

Pembangunan kembali mesjid Babussalam pasar Bawan karena bangunan mesjid yang telah ada saat ini sudah tidak mampu untuk menampung jemaah sholat jumat, sehingga perlu dibangun kembali dengan perluasan yang dpat menampung jemaah lebih banyak lagi.

Saat ini dana yang telah terkumpul pada panitia pembangunan mesjid telah mencapai Rp 500 juta, 300 sak semen dan sejumlah seng serta kawat besi. Sementara untuk pembangunan keseluruhannya memerlukan dana sekitar Rp 2.5 Miliar dan saat ini bantuan terus mengalir dari berbagai kalangan masyarakat di Bawan, termasuk Ninik mamak, perantau serta sumbangandari warga. Di targetkan mesjid Babussalam selesai pengerjaannya menjelang hari raya idul adha 1435 hijriah nanti. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*