Masyarakat Umum Belajar IT di Perpustakaan Daerah Payakumbuh

Fajri yang datang ke perpustakaan dibimbing Adrika Arlis  selaku tim fasilitator perpustakaan

Fajri yang datang ke perpustakaan dibimbing Adrika Arlis selaku tim fasilitator perpustakaan

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kantor Arsip dan Perpustakaan kota Payakumbuh yang berlokasi di kelurahan Bulakan Balai Kandi Koto nan Ampek, Payakumbuh Barat, dari hari ke hari terus meningkat dikunjungi elemen masyarakat.

Buktinya, seorang warga kenagarian Sungai Beringin, kecamatan Payakumbuh, kabupaten Limapuluh Kota bernama Fajri (21), tercatat sebagai alumni SMKN 1 Payakumbuh tahun 2013, sengaja datang ke perpustakaan daerah, Selasa (22/9) dengan tujuan mendalami IT (Informasi Tekhnologi), sekaligus belajar membuat blogspot.com. untuk tindak lanjut wira usahanya berupa bisnis tanaman hias.

Diperpustakaan Fajri dibimbing langsung oleh Adrika Arlis selaku tim fasilitator perpustakaan yang sudah berpengalaman terhadap IT dan pengelolaan perpustakaan daerah. Fajri dilatih dan diajarkan membuat blogspot.com dan cara-cara memasarkan usahanya lewat dunia maya.

Kepada sejumlah wartawan Selasa (22/9) di perpustakaan daerah, Fajri mengatakan  sebetulnya dirinya sudah lama ingin berkunjung ke perpustakaan daerah, tapi baru kali ini niatnya baru tercapai. Alasannya datang ke perpustakaan daerah lantaran dirinya sudah membuat usaha mandiri atau wira usaha dengan bisnis tanaman hias.

Intinya, saya datang ke perpustakaan tidak saja belajar membuat blogspot.com akan tetapi juga menambah ilmu, dalam rangka memperdalam ilmu pengetahuan dibidang holtikultura, khususnya tanaman hias. Karena saat ini, saya lihat diperumahan, misalnya, belum begitu banyak rumah-rumah yang ditamani dengan tanaman hias.

“Karena itu bisnis tanaman hias, sangat mengiurkan bagi masyarakat, apalagi bagi alumni mahasiswa. Mudah-mudahan dengan memasarkannya lewat blogspot.com yang saya buat ini masyarakat akan terpaut. Inilah salah satu mamfaat terhadap keberadaan perpustakaan daerah,”ujarnya.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Payakumbuh, Drs.Zulrefri, dalam kesempatan itu, mengatakan, perpustakaan merupakan wadah yang dibutuhkan oleh setiap tingkatan pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA perguruan tinggi dan masyarakat umum.

“Perpustakaan ini didirikan agar kegiatan belajar-mengajar yang digariskan dalam kurikulum dapat berjalan dengan lancar. Begitu juga, tujuan adanya perpustakaan daerah adalah tempat beraktifitasnya seluruh masyarakat, tidak saja tempat memimjam buku atau tempat membaca buku, akan tetapi juga dapat belajar IT,” papar Zulrefri.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*