Matai-matai Wilayah Natanz, Iran Tembak Pesawat Israel

iran-tembak-pesawat-tanpa-awak-milik-israelIran, PADANGTODAY.com – Wilayah Natanz menjadi penyebab perselisihan besar antara Iran dengan beberapa negara dunia yang percaya tempat itu digunakan untuk membuat senjata nuklir. Namun dugaan ini ditolak pemerintah Ibu Kota Teheran.

Iran menyebutkan telah menembak pesawat tanpa awak milik Israel yang memata-matai wilayah pengembangan nuklir yakni Natanz. Hal ini seperti dilansir media Negeri Mullah itu

Iran dan enam negara kekuatan dunia berusaha negosiasi persoalan nuklir ini agar mau dihentikan dan sebagai gantinya mereka juga akan mencabut sanksi ekonomi atas Iran.

Israel, diketahui satu-satunya negara Timur Tengah yang memiliki gudang persenjataan mengatakan para negara dunia harus melucut seluruh teknologi nuklir Iran. Sementara Negeri Mullah telah menuding Negara Zionis itu dan sekutunya telah mengganggu sistem nuklir mereka dengan virus komputer.

Israel tak mau berkomentar persoalan pesawat tanpa awak ini. Pihak militer mereka pun enggan menanggapinya. Iran mengkonfirmasikan pesawat itu dirakit oleh pihak Negeri Bintang Daud sebagai satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki industri pesawat tersohor sebagai Heron. “Ada semacam misi ke depan mereka membuat teknologi untuk mengawasi Iran dan banyak negara lain,” kantor berita ISNA menuliskan.

Iran mencatat pada Desember 2012 Iran telah menangkap pesawat tanpa awak milik Amerika Serikat ScanEagle namun Amerika menyangkal dengan halus dengan mengatakan belum menggunakan teknologi seperti itu.

Pada 2010 fasilitas nuklir Iran dihantam virus dikenal sebagai Stuxnet yang dipercaya dikembangkan oleh Amerika dan Israel namun pemerintah kedua negara menyangkal.(mr/nol)