‘Matilah Yahudi’, Nama Sebuah Kota Di Spanyol

cerita-dua-kota-matilah-yahudiSpanyol,PADANGTODAY.com – Meningkatnya gerakan anti-Semit sekaligus menggelitik warga dunia untuk memperhatikan dua nama tempat yang nampaknya tidak akan pernah disinggahi oleh para Yahudi. Kota Castrillo de Matajudios di Spanyol, dan La Mort aux Juifs di Prancis. Betapa tidak, arti dari kedua nama itu yakni ‘Matilah Yahudi’. Sebenarnya sudah sejak lama komunitas Yahudi menginginkan pemerintah setempat mengganti nama kota itu namun hingga kini otoritas enggan.

Wali Kota Cortemaux yakni Marie Elizabeth Secretand yang memimpin wilayah berpenduduk 289 jiwa itu menolak nama tersebut diubah. Nama itu sudah menjadi tradisi dan harus dihormati. Menurut Secretand perubahan nama kota itu sungguh konyol.

Lain La Mort aux Juifs, lain pula Castrillo de Matajudios. Kota itu akhirnya berganti menjadi Castrillo de Mota Judios atau berarti Bukit Yahudi setelah wali kota yakni Lorenzo Rodriguez mengirimkan surat pada sekitar 60 warga apakah mereka bersedia jika nama kotanya diganti.

Dan pada akhirnya mereka pun bersedia. Mereka yakin pula nama asli kota memang Castrillo de Mota Judios lantaran ada salah satu wilayah desa komunitas Yahudi di sana. Rodriguez bercerita dahulu terjadi pembantaian Yahudi oleh umat Kristen di Castrillo saat konflik agama terbesar di negara itu pada 1478.

Secara resmi pada mei Matajudios diubah menjadi Mota Judios. Meski demikian anti-Semit di beberapa tempat di Spanyol tidak berkurang lantaran warga sebagian beragama Katolik dan Kristen sudah mendarah daging meyakini orang Yahudi lah yang membunuh Yesus Kristus.

(mr/nol)

Lewat ke baris perkakas