Media dan Masyarakat Berperan Dalam Pengawasan Pemilu

 

     Padang-today.com – Bawaslu Sumbar menggelar media ghatering hasil pengawasan Pemilu 2019.

“Bawaslu selama ini menggandeng teman-teman media dalam publikasi pengawasan Pemilu 2019. Bawaslu menilai, media memiliki peran penting dalam fungsinya sebagai kontrol sosial,”kata Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin di Padang.

Menurutnya, saat ini peran media tidak bisa dikesampingkan dalam mensukseskan Pemilu. Media bisa menginformasikan kepada masyarakat terkait kegiatan Bawaslu maupun tahapan Pemilu termasuk menyampaikan dugaan pelanggaran yang terjadi di lapangan.

    “Karena media punya peran strategis dalam pemilu terkait dengan fungsi kontrol dan pengawasan termasuk edukasi perihal tahapan-tahapan Pemilu 2019,” ujarnya.

   Karnalis berharap melalui Media Ghatering terjalin suatu hubungan yang lebih intens lantaran Bawaslu juga membutuhkan peran media untuk bisa menginformasikan hasil kerja pengawasan dalam setiap tahapan pemilu.

   “Sehingga publik mengetahui apa saja yang sudah dilakukan Bawaslu sebagai pengawas Pemilu,”imbuhnya.

Vifner Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Sumbar menyatakan, agenda ini dilakukan di penghujung tahun, mengingat padatnya agenda Bawaslu pasca pemilu 2019,”kata

Kegiatan dilakukan ini bagian dari upaya Bawslu Sumbar untuk saling berkomunikasi dengan teman-teman media secara langsung untuk dipublikasikan.

“Bawaslu memaparkan secara terbuka pada teman-teman media hasil kegiatan pengawasan Pemilu 2019 untuk diketahui masyarakat,”pungkas Vifner.

Saat ini peran media tidak bisa dikesampingkan dalam mensukseskan Pemilu. Sebab ia menilai, media bisa menginformasikan kepada masyarakat terkait kegiatan Bawaslu maupun tahapan Pemilu termasuk menyampaikan dugaan pelanggaran yang terjadi di lapangan.

   “Karena media punya peran strategis dalam pemilu terkait dengan fungsi kontrol dan pengawasan termasuk edukasi perihal tahapan-tahapan Pemilu 2019,” ujar Vifner.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas