Mediasi Sidang Gugat Paslon Bupati Tanah Datar Tidak Capai Kata Sepakat

Suasana Mediasi awal sidang gugatan Paslon Nelson Darwis-Muzwar dengan KPU Tanah Datar di ruang sidang Panwas.

Suasana Mediasi awal sidang gugatan Paslon Nelson Darwis-Muzwar dengan KPU Tanah Datar di ruang sidang Panwas.

Advertisements

Tanahdatar, PADANGTODAY.com-Mediasi terhadap sengketa pemilukada antara pihak Pasangan Calon Nelson Darwis-Muzwar. M dengan KPU Tanah Datar mulai bergulir, tim yang diketuai oleh Syafril mendatangi Panwas Pemilihan, mereka disambut oleh Ketua Panwas Yuli Fandri dengan Hamdan divisi Pencegahan serta Yusran Divisi hukum di Kantor Panwas Tanah Datar Kampung teleng Sabtu (29/8).

Menurut Yuli Fandri Kepada media, agenda mediasi pada sabtu itu adalah penyampaian pemohon oleh pemohon jumpa termohon dengan maksud mediasi awal untuk mencari mufakat.

“Ternyata dalam mediasi awal tidak dicapai kata mufakat, maka kita putuskan untuk melanjutkannya pada hari Senin (31/8) dengan agenda penyampaian bukti-buktyi dan saksi, “sebut Yuli fandri.

Dikatakan,setelah penyampaian bukti-bukti dan saksi , maka selanjutnya pada hari berikutnya Insya Allah pihak Panwas pemilihan akan menyampaikan keputusannya.

“Jadi Insya Allah Minggu depan sudah ada keputusan dari Panwas Pemilihan , “Terangnya.

Ketua Tim Penyelesaian sengketa Syafril kepada mengungkapkan, pertemuan tadi disepakati instutusi Panswas Pemilu untuk mempertemukan antara sipemohon, termohon dalam hal ini KPU Tanah datar dan difasilitasi oleh Panwas Pemilu Tanah datar dalam agenda musyawarah penyelasaian sengketa.

“Pertemuan tadi diibuka oleh ketua Panwas Yuli Fadri dan untuk kemudian diberikan kesempatan kepada sipemohon untuk menyampaikan gugatan secara lisan, dan kemudian diberikan kesempatan kepada termohon (KPU) untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh Pemohon, “Ulas Syafril.

Lebih lanjut Syafril menyebutkan, si Bermohon berharap sangat kepada institusi KPU (untuk menilai persoalan ini tidak murni secara hukum sebab persoalan yang berkaitan dengan sipemohon hanya keterlambatan menyerahkan (Bukan Tidak ada ), “kemudian kita tidak dapat memaksa Surat keterangan itu keluar sesuai dengan waktu yang kita harapkan, karena yang mengeluarkan SK itu adalah instansi terkait yang berada di IbuKota Jakarta dan atas dasar itulah pihak pemohon mengajukan permohonan kepada termohon KPU dan panwas Pemilu agar melihat persoalan itu secara arif dan bijaksana, “Sebutnya.

Paslon Nelson Darwis-Muzwar M datang ke kantor Panwas pemilihan diantar simpatisannya dari Parpol pengusung Demokrat, PPP, dan PDIP, mediasi awal tersebut berjalan dengan lancar meskipun tidak mencapai kata sepakat dari pihak KPU yang terdiri dari Ketua anggota lainnya. (rommy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*