Melirik Potensi Wisata Pantai Dan Pulau di Kota Pariaman

Foto-foto saat para pejabat lingkungan Kota Pariaman berkunjung ke lokasi wisata di Kota Pariaman

Foto-foto saat para pejabat lingkungan Kota Pariaman berkunjung ke lokasi wisata di Kota Pariaman

Pariaman, PADANGTODAY.com – Kota Pariaman memiliki beberapa pulau kecil yang membentang di lautan samudra Hindia. Pulau-pulau tersebut sangat indah dan menarik serta mempesona untuk dikunjungi oleh wisatawan, baik luar maupun dalam negeri.

Mulai dari Pulau Angso II dan Pulau Tangah serta Pulau Kasiak. Pulau tersebut sampai sekarang belum tergarap secara profesional, meski secara bertahap telah dibenahi Pemko Pariaman dengan melengkapi sarana para sarana pendukung. Sebab, potensinya sangat menjanjikan untuk menggaet wisatawan manca negara dan dalam negeri.

Apalagi didukung dengan keindahan pantai pada masing-masing pulau. Ditambah dengan pemandangan bawah laut yang dapat dinikmati oleh para penyelam. Sungguh mempesona mata pengunjung kalau digarap secara profesional. Kalau boleh dikatakan, tidak kalah dengan pemandangan bawah laut Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.

Sayangnya, Pulau Bunaken itu ada investornya. Makanya, untuk menggarap potensi pulau-pulau Kota Pariaman juga membutuhkan investor. Baik untuk membangun hotel atau vila di kawasan pulau tersebut. Sebab, APBD Kota Pariaman jelas tidak akan mencukupi untuk menggarap pulau-pulau yang tehampar di lautan samudra Kota Pariaman.

Seperti Pulau Kasiak dengan pasir pantai putih, air lautnya jernih, dan suasananya tenang. Asyik untuk dikunjungi pengunjung. Namun, sampai sekarang pulau tersebut masih minim sarana para sarana.

Untuk sampai ke Pulau Kasiak harus menaiki boat ( kapal ) yang telah disediakan Pemko Pariaman berkerja sama dengan pihak ke tiga. Pengunjung dapat naik di Muaro Pariaman Pantai Gandoriah.

Sesampai di Pulau Kasiak. Namun, sebelum ke Pulau Kasiak pengunjung juga dapat menikmati penangkaran penyu di Desa Ampalu, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. Sunguh mempesona mata dengan aset yang dimiliki Kota Pariaman.

Tinggal sekarang ini untuk peningkatan objek wisata tersebut. Berbagai pihak diminta untuk mendorong pengembangan wisata Kota Pariaman. Investor tidak akan rugi menanamkan modalnya dalam pengembangan wisata Kota Pariaman, karena memang ciptaan Allah SWT itu sangat indah di Kota Pariaman.

Melihat potensi besar tersebut, Walikota Pariaman H Mukhlis R dan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar memiliki mimpi-mimpi dalam mengarap potensi tersebut. Berbagai upaya dilakukan untuk pengembangan potensi tersebut hingga kini.

Apalagi visi dan misi pasangan kepala daerah tersebut ingin menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata. Satu persatu Pemko Pariaman melakukan kerja sama dalam memajukan objek wisata pantai daerahnya.

Bahkan baru-baru ini, Pemko Pariaman telah melakukan kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dalam mengarap potensi yang sangat besar itu. Kerja sama tersebut satu persatu mulai dilaksanakan Pemko Pariaman dengan PT KAI.

Buktinya, Sabtu (23/08) kemarin, Pemko Pariaman melakukan uji coba kereta api real bus dari Kota Padang menuju Kota Pariaman. Uji coba tersebut dilakukan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman bersama PT KAI dan Kapolda Sumbar Brigader Jendral Pol Drs Bambang Sri Herwanto. Mereka sama-sama naik kereta api dari Padang menuju Kota Pariaman dan seterusnya menuju Pulau Kasiak.

Rombongan melakukan perjalanan ke Pulau Kasiak dengan menaiki kapal. Sesampai rombongan yang dikomandoi Wakil Walikota Pariaman Genius Umar bersama Kapolda Sumbar di Pulau Kasiak yang memiliki pantainya yang landai langsung melakukan keliling pulau sebelum melaksanakan makan siang.

Di pulau tersebut sekarang telah ada rumah bagi pegawai yang menjaga menara mercu suar. Lokasi Pulau Kasiak dapat juga dipergunakan untuk camping sambil berwisata menikmati pemadangan bawah laut dengan trumbu karang yang sangat indah.

Apalagi di pulau tersebut masih ada hutan dan pohon kelapa. Kemudian lagi pulau itu sangat bagus untuk latar berfoto ria. Pulau Kasiak sangat indah, karena memiliki pasir putih dan gradasi air bewarna putih, biru serta hijau.

Makanya, usai makan siang, Kapolda Sumbar dan Wakil Walikota Pariaman menyelam ke dasar laut pulau. Begitu juga rombongan lain juga menyelam. Mereka ingin menyaksikan indahnya pemandangan bawah laut Pulau Kasiak.

Sebelumnya, Kepala Regional PT KAI Sumbar Zulkarnain menyatakan, uji coba real bus ini dilakukan dari Padang menuju Kota Pariaman. Disamping uji coba juga untuk mendukung objek wisata Kota Pariaman bersama PT KAI.

Meski real bus ini untuk route Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Namun, untuk uji coba boleh dipergunakan. “Kita melakukan uji coba ini untuk mendukung pengembangan objek wisata Kota Pariaman,” ujarnya.

Begitu juga Walikota Pariaman H Mukhlis R, Pemko Pariaman dalam mengembangkan objek wisata daerahnya, seperti potensi wisata pantai dan pulau salah satunya melakukan kerja sama dengan PT KAI Sumatra Barat.

Berbagai program lanjut Mukhlis R, PT KAI bersama Pemko Pariaman telah mulai dilaksanakan. Seperti membangun museum kereta api. Sehingga pengunjung yang datang ke Kota Pariaman semakin betah berlama-lama disamping menikmati pantai dan potensi pulau.

Dengan lancar operasional kereta api dari Padang menuju Kota Pariaman otomatis semakin banyak orang yang menikmati indahnya objek wisata pantai kota ini. “Kita mengharapkan dukungan semua pihak untuk pengembangan potensi wisata ini ke depan agar lebih baik dan semakin menarik pengunjung untuk datang. Salah satunya dukungan para pedagang agar tidak menaikan tarif dagangan asal jadi,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Brijed Pol Bambang Sri Herwanto sangat menyambut baik pengembangan wisata pantai dan pulau di Kota Pariaman. Polisi dalam hal ini siap mendorong pengembangan objek wisata ini. Sehingga objek wisata ini semakin lebih baik perkembangannya ke depan.

“Lihat saja Pantai Gandoriah maupun Pantai Pulau Kasiak sangat indah dan tidak kalah dengan Pantai Sanur di Pulau Bali. Namun, sekarang bagaimana kita mendorong pengembangan potensi pantai dan pulau Kota Pariaman semakin cepat. Semakin cepat perkembangan otomatis semakin banyak pengunjung untuk datang ke sini,” tambahnya.

Ditambah lagi katanya, Kota Pariaman adalah satu-satu daerah yang memiliki penangkaran penyu. Potensi tersebut juga menjadi daya tarik pengunjung untuk datang. “Istri saya juga telah datang ke sini. Sebab, saat saya sampaikan kepada istri tidak sampai tuntas. Makanya, dia datang melihat dari dekat ke penangkaran penyu, karena penasarannya” tandasnya.

Sedangkan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, awal tahun 2015 Pemko Pariaman bersama masyarakat akan ujudkan mimpi-mimpi untuk kemajuan objek wisata Pantai dan Pulau Kota Pariaman.

“Tampa bermimpi tentu kita tidak dapat berbuat yang terbaik untuk kemajuan wisata Kota Pariman. Kita mengharapkan dukungan semua pihak di kota ini. Sekarang kita kerja sama dengan PT KAI. Ke depan kita akan datangkan Investor dari Cina. Investor tersebut belum lama ini telah melihat keindahan pantai kita ini,” ujarnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*