Mendikbud Lantik Rektor Dan Direktur Politeknik Serta Kukuhkan 11 Anggota BSNP

MENDIIKBUD
Jakarta PADANGTODAY.com-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, melantik Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Warsono, periode tahun 2014 – 2018, dan Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Sihabuddin Chalid. Pada kesempatan ini Mendikbud juga mengukuhkan 11 orang anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) periode 2014 – 2018, di kantor Kemdikbud, Jakarta, pada hari kamis (14/08/2014)

Anggota BSNP tersebut adalah Kiki Yulianti, Bambang Suryadi, Nanang Arif Guntoro, Zaki Su’ud, Khomsiah, Zainal Arifin Hasibuan, Titi Savitri Prihatiningsih, Teuku Ramli Zakaria, Erika Budiarti Laconi, Ipung Yuwono, dan Djoko Luknanto. “Saya mengucapkan selamat kepada rektor, direktur yang sudah dilantik, dan anggota BSNP yang sudah dikukuhkan. Tantangan kita ke depan tidaklah ringan, namun akan semakin berat,” tutur Mendikbud dalam sambutannya.

Baik yang dilantik ataupun yang dikukuhkan, kata Mendikbud, memiliki tanggung jawab yang sama sesuai dengan tugas dan pokok (Tupoksi) masing – masing. Sebagai suatu sistem, terutama sistem pendidikan tidak mungkin dijalankan tanpa adanya standar, karena standar dapat dipakai untuk mengevaluasi dan sebagai rujukan dalam melakukan pengembangan.

Mendikbud mengingatkan kepada anggota BSNP yang telah dikukuhkan, tugas BSNP adalah mengembangkan standar nasional pendidikan, menyelenggarakan ujian nasional, memberikan rekomendasi kepada pemerintah dan pemerintah daerah dalam penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan, merumuskan kriteria kelulusan dari satuan pendidikan, menilai buku teks pelajaran, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

“Para anggota BSNP diharapkan dapat terus mengembangkan standar nasional pendidikan, karena tuntutan zaman yang terus berkembang, serta terus kembangkan sistem evaluasi Kurikulum 2013,” ucap Mendikbud.

Mendikbud juga berpesan kepada Rektor Universitas Negeri Surabaya untuk dapat berdiri paling depan dalam mencetak guru-guru yang terbaik. Jadikan perguruan tinggi sebagai tempat rujukan bertanya masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi dan Politeknik juga dapat menjadi rujukan masyarakat dalam penerapan tata kelola yang baik, dengan mempersiapkan sumber daya yang berkualitas.

“Unesa diharapkan dapat memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu, serta mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013,” pungkas Mendikbud. (dil)