Mengenal Sejarah Padang di GAS Kota Padang

PADANG,PADANGTODAY.COM–Sejak diresmikan pada 20 Mei 2015, Galeri Arsip Statis (GAS) Kota Padang terus dikunjungi oleh mereka yang ingin mengenal sejarah Kota Padang. Tidak hanya masyarakat, GAS Kota Padang juga dikunjungi siswa sekolah dan mahasiswa.

Advertisements

Belum lama ini, GAS Kota Padang dikunjungi Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar 32 Padang. Sebanyak 80 siswa kelas lima datang ke GAS Kota Padang yang berada di bekas SMAN 1 Padang di jalan Sudirman. Mereka diberi pemahaman pengenalan arsip sejak dini. “Selama ini para siswa hanya mengenal sejarah melalui buku-buku pelajaran dan media internet maupun media cetak,” kata Desi Maria, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD Al-Azhar 32 Padang.
Dengan kedatangan siswa SD Al-Azhar 32 Padang ke GAS Kota Padang, Desi mengaku telah banyak melihat langsung foto maupun dokumen sejarah lain tentang Kota Padang. “Diharapkan dengan kunjungan ini akan tumbuh sikap menghargai sejarah di masing-masing siswa,” katanya.
Desi menyebut, dengan telah dikunjunginya GAS Kota Padang, nantinya akan menjadi bahan diskusi serta tugas lain. Seperti menceritakan kembali apa itu arsip dan apa perlunya arsip. “Dari hasil kunjungan ini akan menjadi bahan diskusi serta tugas bagi siswa,” tambahnya.
Rombongan SD Al-Azhar 32 Padang ini dibagi atas dua kelompok. Kelompok pria dan kelompok wanita. Mereka secara bergantian mengunjungi ruang perpusatakaan dan galeri. Di ruang perpustakaan disambut Kasi Perpustakaan M. Husni Jon. Sedangkan di ruang galeri sendiri, para siswa diberikan pengetahuan dasar tentang arsip dan kearsipan oleh pengleola galeri Marshalleh Adaz.
Sementara itu Eri Dasli mewakili Kepala Kantor Arsip Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang menyambut gembira kunjungan SD Al-Azhar 32 Padang ke Galeri Arsip Statis Kota Padang. “Ini suatu pertanda bahwa arsip sudah mulai merasuk ke jiwa anak-anak dan pertanda pula bahwa regenerasi kearsipan akan selalu ada,” sebutnya.
Di akhir kunjungan, diserahkan cenderamata dari SD Al-Azhar 32 Padang kepada Kepala Kantor Arsip Pepustakaan dan Dokumentasi yang diterima langsung oleh M. Husni Jon. Seluruh siswa terlihat gembira dan senang usai berkunjung ke GAS Kota Padang.
Selain dikunjungi SD Al-Azhar 32 Padang, GAS Kota Padang juga dikunjungi mahasiswa jurusan Sejarah Universitas Jambi. Tidak hanya itu, mahasiswa STKIP PGRI Padang juga menjadikan GAS Kota Padang sebagai langkah pembuka sebelum menetapkan judul skripsi bagi mahasiswa.(c/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*