Mengintip Aktivitas Rumbi

TILAWAH-Setelah subuh, siswa Asrama Rumah Binaan (Rumbi) tetap rutinkan tilawah Alquran sebagai bentuk penguatan ibadah dan meatih disiplin.

TILAWAH-Setelah subuh, siswa Asrama Rumah Binaan (Rumbi) tetap rutinkan tilawah Alquran sebagai bentuk penguatan ibadah dan meatih disiplin.

PADANG,PADANGTODAY.COM-Meski menahan kantuk di pagi buta, empat siswa Asrama Rumah Binaan (Rumbi) Dompet Dhuafa Singgalang tetap rutinkan tilawah seusai tuntaskan shalat Subuh di Masjid Muhajjirin Pasir Putih pada Kamis (3/12).

Robi Fajar Handika (18), Rahmat Kiki Ferdian (18), Muhammad Yunus (18), dan Jannatul Firdaus (18), mengaji bersama dikawal oleh Pendamping Program Pendidikan Dompet Dhuafa Singgalang, Amrullah yang merangkap sebagai Pembina Rumbi.

Pagi itu Amrul memantau tilawah mereka sambil mengecek tajwid bacaan masing-masing siswa yang merupakan penerima manfaat beasiswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Plus Padang. Lokasinya tak jauh dari Rumbi yang berlokasi di Jl. Pasir Putih Raya Blok B. No. 15 Kel. Bungo Pasang, Kec. Koto tangah.

“Sesuai dengan namanya Rumbi, Rumah Binaan ini tak hanya difungsikan sebagai asrama siswa penerima manfaat. Namun juga untuk membentuk karakter siswa yang disiplin, taat ibadah, mandiri, serta sehat jasmani dan rohani,” ungkap Amrul.

Amrul mengimbuhkan, kegiatan harian yang dilaksanakan siswa di Rumbi sangat mempengaruhi kepribadian masing-masing siswa.

“Mereka semakin mandiri, kompak, dan toleransi antara satu sama lain karena didorong rasa saling membutuhkan antara satu dengan lainnya,” sambung Amrul.

Selain pembinaan rohani yang rutin dilaksanakan di asrama, para siswa ini juga rutin melaksanakan gotong royong dan olahraga di akhir pekan, dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, sebagai perilaku hidup sehat dan aktif. Olahraga yang dilakukan biasanya berupa marathon pagi ke seputaran Gedung Olahraga (GOR) Agus Salim Padang.

“Banyak hal mengenai kedisiplinan yang diajar di Rumbi. Terutama untuk ibadah,” tutur Robi mewakili teman-temannya.

Para siswa ini kini telah menduduki tingkat terakhir, bangku kelas 3 SMK. Amrul berharap dari agenda harian seperti ini, akan menjadi kebiasaan positif bagi mereka untuk diterapkan baik di bangku perkuliahan maupun dunia pekerjaan kelak. (n/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*