Menjelang Lebaran Dishub Kota Padang Panjang Adakan Uji Laik Kendaraan Untuk Menjaga Keselamatan

Padang Panjang, Padang-Today.com – Hampir memasuki lebaran  Idul Fitri 1439 H, seluruh kendaraan angkutan lebaran yang beroperasi dan melintasi Kota Padang Panjang akan diperiksa kalaikan sarana transformasi oleh Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang di Terminal Bukit Surungan, Jum’at (8/6). Tidak hanya diperiksa kelaikannya saja tetapi semua kendaraan yang sudah diperiksa juga dipasang stiker bahwa kendaraan itu sudah siap untuk beroperasi di  lebaran tahun 2018 M / 1439 H.Pemasangan stiker tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Marwilis, SH, M.Si, TNI, Polri dan jajaran lainnya.

Advertisements

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang, I Putu Venda, S.STP, M.Si mengatakan pelaksanaan uji ulang laik kendaraan angkutan lebaran dititik beratkan kepada kendaraan mobil penumpang, kendaraan mobil bus, dan kendaraan angkutan kota.

“Bagi Kendaraan apa saja baik angkutan orang atau angkutan barang yang melewati Kota Padang Panjang akan diperiksa perlengkapannya seperti rem mesin dan keadaan lain sebagainya akan kami periksa secara keseluruhan,” terang venda.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar memberikan jaminan secara teknis, terhadap pengguna kendaraan bermotor dijalan, untuk mencegah atau memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan, yang disebabkan oleh kekurangan persyaratan teknis dan laik jalan.

“Kami melaksanakan kegiatan ini agar kendaraan yang dinaiki oleh penumpang bisa aman dan tentunya para penumpang terjamin keselamatannya,” kata Venda.

Seharusnya semua kendaraan ini sudah melaksanakan uji laik kendaraan sekali 6 bulan jangan tunggu lebaran dulu, jadi kapan saja kendaraan itu mau berangkat sudah ready membawa para penumpangnya, tambah venda.

Dan untuk truk akan dilakukan pengecekan secara manual, tidak melalui kirnya tapi diperiksa langsung oleh anggota nantinya. Kegiatan ini akan berlangsung mulai dari H-7 hingga H+7 nantinya.

Selain itu Venda juga berbicara tentang posko-posko yang telah disediakan menjelang lebaran diantaranya di depan Hotel Flaminggo, Simpang 8 dan depan Gedung M.Syafe’i.

“3 posko ini akan standby dari sekarang hingga siap lebaran nanti untuk menjaga kondisi arus lalu lintas,” tutup Venda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*