Menpar Adakan Jumpa Pers Jelang Tour de Singkarak 2016

Jumpa pers terkait persiapan menjelang pelaksanaan ajang balap sepeda internasional di Sumatera Barat, “Tour de Singkarak tahun 2016”.

Jumpa pers terkait persiapan menjelang pelaksanaan ajang balap sepeda internasional di Sumatera Barat, “Tour de Singkarak tahun 2016”.

Padang, PADANG-TODAY.com-Didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Burhasman, Menteri Pariwisata RI Arif Yahya melaksanakan jumpa pers terkait persiapan menjelang pelaksanaan ajang balap sepeda internasional di Sumatera Barat, “Tour de Singkarak tahun 2016”. Ajang yang diselenggarakan oleh Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan setiap tahun tersebut telah dimulai pada, Sabtu (6/8/2016) tadi dengan Etape I melalui rute Kab. Solok-Kota Payakumbuh dengan jarak tempuh 95,8 Km.

Dalam keterangannya, disampaikan bahwa ada berbagai tim dari bermacam negara yang ikut pada TdS 2016 kali ini, termasuk 6 tim dari Indonesia sendiri.

“Salah satu tim baru yang ikut pada ajang TdS kali ini yaitu tim Kenya Raiders. Terkait dengan rute, kali ini agak lebih bervariasi dari tahun sebelumnya. Pada etape awal mungkin masih agak lebih mudah, selanjutnya mulai pada etape ke-3 rutenya sedikit mulai menantang dengan berbagai tikungan dan tanjakan, seperti di kelok 9 dan kelok 44 hingga finish di Puncak Lawang. Ini akan lebih menguras tenaga dari para pembalap,” terang Jamal selaku Direktur Tour de Singkarak 2016.

Diterangkannya pula, tahun lalu ada 24 tim dari 22 negara yang berpartisipasi dalam ajang TdS tersebut. Namun diterangkannya, tahun ini jumlah bukan menjadi acuan, namun kualitas dari gelaran inilah yang menjadi fokus utama.

“Sekarang ini kita lebih mempunyai quality dari pada quantity. Jadi, tahun ini kita ada 19 tim dari 24 negara yang ikut serta. Terkait hal tersebut sama sekali tidak ada pengaruh terhadap kualitas dari ajang balapan sepeda tersebut,” terangnya.

Terkait jadwal pelaksanaan Tour de Singkarak kali ini yang bersamaan dengan pelaksanaan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Jamal mengatakan tidak ada pengaruh yang begitu besar terhadap pelaksanaan TdS di Sumatera Barat. Hanya saja, menurutnya, akan terjadi sedikit pengurangan dari jumlah media nasional dan media internasional yang meliput pelaksanaan lomba TdS kali ini.

“Mungkin media internasional akan lebih banyak meliput kegiatan Olimpiade di Rio de Jeneiro. Namun hal tersebut tidak akan mempengaruhi dari pemberitaan ajang TdS kita karena saat ini media pun sudah mulai banyak, seperti media online dan lainnya,” ucap Jamal optimis.

Setelah melakukan jumpa pers dengan para awak media, Menteri Pariwisata Arif Yahya beserta rombongan segera bertolak menuju kawasan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*