Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Membatalkan Kunjungan Kerja Ke Belanda

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan membatalkan kunjungan kerja ke Belanda menyusul sikap pemerintah negeri kincir angin yang mencampuradukan masalah bisnis dan politik.

Dalam rangkaian kunjungan ke sejumlah negara Eropa, Menhub Jonan dijadwalkan menghadiri Investor Forum di Den Haag dan mengunjungi sejumlah fasilitas transportasi seperti Port of Rotterdam, pada Kamis (30/4) – Jumat (1/5).

Dalam Investor Forum di Den Haag, Menteri Transportasi Belanda Schultz van Haagen dijadwalkan hadir bersama Jonan untuk berdiskusi dengan para pengusaha dari Belanda dan Indonesia. Namun Van Haagen mendadak membatalkan kehadirannya untuk menunjukkan sikap pemerintah Belanda menolak eksekusi terpidana mati kasus narkoba.

Informasi yang diperoleh dari staf ahli Kementerian Perhubungan, Menteri Jonan melawan sikap Menteri Van Haagen. Jonan membatalkan hadir di Investor Forum dan semua agenda resmi di Belanda. Sikap itu diambil setelah Jonan mendiskusikan masalah ini dengan Kementerian Luar Negeri. Staf Ahli Menhub bidang Logistik dan Multimoda Sugihardjo dan Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Adolf Tambunan menggantikan Jonan di forum tersebut.

Sikap Menteri Van Haagen tersebut disesalkan pengusaha Belanda. Apalagi mereka mengaku sangat tertarik kebijakan Presiden Joko Widodo mengedepankan pembangunan sektor maritim. Pengusaha Belanda sesungguhnya ingin mendengar langsung rencana implementasinya kebijakan kemaritiman dari Menhub Ignasius Jonan.

Karena itu mereka menyesalkan sikap pemerintah Belanda mencampuradukkan masalah bisnis dan politik. Tidak ingin mengecewakan pengusaha Belanda, Jonan memilih mengadakan pertemuan informal dengan kalangan pengusaha transportasi setempat.

Sebelum ke Belanda Jonan mengunjungi London, Inggris dan Riga, Latvia. Di London Jonan bertemu Sekjen IMO, investor perkeretaapian dan perkapalan, dan berbicara di depan pengusaha di Asia House.

Di Riga Jonan menghadiri pertemuan Menteri Transportasi Eropa dan Asia, dan mengadakan pertemuan bilateral dengan Uni Eropa dan sejumlah negara Eropa.

(noe/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*