Meriahkan Lebaran, Anak Nagari Agam Gelar Permainan

3

AGAM, PADANGTODAY.COM -Bupati Agam Indra Catri menyaksikan permainan anak Nagari Sigiran, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, yakni permainan barakik dilengkapi dengan “badia batuang” yang berlayar di danau maninjau, Minggu (27/7).

Rakik yang di pakai juga di hias beragam – ragam, dan di kasih api obor mini, sehingga saat berlayar di danau, membuat air danau yang tenang terlihat di hiasi bayang – bayang rakik yang penuh di selimuti api obor mini, dan badia batuang, serta petasan.

Bukan sekedar berlayar saja, tapi badia batuang yang di rakik tersebut, juga di bunyikan sehingga malam yang sunyi  di hebohkan dengan dentungan badia batuang itu.

Bupati Agam juga ikut berlayar untuk menyaksikan ketenangan suasana malam di tengah danau, di dampinggi Camat Tanjung Raya serta masyarakat.

“Mungkin ini bisa kalau kita kembangkan dan kita kelola maka tidak kalah dengan tabuik piaman misalnya, asal ini kita agendakan dan tentunya kita promosikan dengan cara lebi terstruktur”,kata Bupati.

“Ini di adakan bukan karena kalender masihi tapi  diadakan setiap jadwal lebaran datang, penelitian lalu pengembangan terhadap masa depan dengan ivent ini perlu kita pikirkan secara baik”, katanya.

Selain itu, masyarakat juga berombongan untuk menyaksikan ajang ini, mulai dari yang kecil, sampai yang tua, dan tak kalah nya juga turis – turis mancanegara juga ikut meramaikan tepi danau untuk menyaksikan nya. (*/martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*