Merusak Pohon, Spanduk Balon Kepala Daerah Diturunkan Satpol PP

Spanduk balon kepala daerah diamankan petugas Satpol PP Kota Payakumbuh.

Spanduk balon kepala daerah diamankan petugas Satpol PP Kota Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Sepanjang Kamis dan Jumat (17/6), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Payakumbuh menemukan spanduk bakal calon (balon) kepala daerah yang dipasang di pohon pelindung di kawasan perbukitan di Ngalau Sampik Jalan Sukarno-Hatta, Kelurahan Balai Panjang, Payakumbuh Selatan. Tidak hanya spanduk balon kepala daerah yang  diamankan petugas, spanduk komersial milik beberapa pusat perbelanjaan pun ikut diturunkan.

“Sesuai peraturan, setiap atribut komersial atau alat peraga menuju Pilkada 2017 yang terpasang di pohon-pohon pelindung, akan tetap kita bersihkan, tanpa memberi tahu pemiliknya,” sebut Kepala Satpol PP Fauzi Firdaus, Jumat (17/6).

Menurut Fauzi, spanduk atau tanda gambar lainnya, dilarang dipasang di pohon pelindung. Selain merusak pohon akibat paku, pemasangan spanduk di pohon pelindung juga dinilai merusak pemandangan. Karena itu, himbau Fauzi, bagi balon yang ingin mensosialisasikan dirinya, diharapkan memilih lokasi yang tepat.

Patroli yang dilakukan petugas, juga mengamankan trotoar di kawasan pasar Payakumbuh yang dimanfaatkan pedagang kaki lima.

“Kita tak akan membiarkan hak pejalan kaki, dipakai untuk berjualan oleh PKL,” tegasnya.

Spanduk rokok yang dipasang oleh komunitas pemuda yang menggelar Nonton Bareng Piala Eropa 2016, di Kelurahan Padangtongah Balainanduo, juga ikut diturunkan petugas Satpol PP.

“Kita terpaksa menurunkan spanduk sebuah perusahaan rokok itu, karena sesuai Perda Nomor 15 Tahun 2011, tentang kawasan tanpa rokok, maka semua berbentuk iklan rokok dilarang dipajang di Payakumbuh,” tutup Fauzi menegaskan.(rel/Dodi Syah Putra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*