Milad HMI ke-69 Cabang Payakumbuh, Diperingati dengan Pendekatan Alam dan Masyarakat

HMI Cabang Payakumbuh

HMI Cabang Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Himpunan Mahasiswa Islam merupakan organisasi terbesar mahasiswa di Indonesia yang lahir pada 5 Febuari 1947 dan telah berjasa besar dalam perjalanan Bangsa ini.

HMI telah mencetak dan mendistribusikan kadernya di semua lini  kehidupan sosial masyarakat mulai menjadi praktisi, akademisi, pengusaha dan politisi. HMI didirikan oleh ayahanda Larfan Pane di yogjakarta di kampus UII sekarang, yang sampai hari ini berkembang sampai seantero Indoensia .

Himpunan mahasiswa Islam cabang Payakumbuh merupakan cabang HMI yang berada di Sumatera barat yang berdasarkan historisnya merupakan cabang pertama di sumatera  barat, hal itu di buktikan dengan adanya beberpa kampus yang ada di Kota Payakumbuh dan Limapuluh kota.

HMI cabang payakumbuh telah banyak menorehkan peranya sebagai garis terdepan dalam mengawal peran serta mahasiswa untuk mendorong menjadi kader yang mempuyai kemapuan akademis dan organisasi yang cukup baik.

Banyak agenda strategis yang telah di lakukan HMI cabang payakumbuh antara lain, latihan kader I,II serta pengabdian kepada masyarakat sekitar.

Selain itu HMI teah banyak melakukan control kebijakan yang ada di tengah-tengah kebijakan yang ada dan menjadi garis terdepan dalam mengawal kebijakan yang ada.

Dalam rangka milad HMI yang ke-69 HMI Cabang Payakumbuh mengadakan kegiatan bersatu dengan alam dengan melakukan kemah (kemping) yang kali ini di laksanakan di Harau ujung bersama pengurus dan kader serta keluaraga besar hmi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan penguatan Internal organisasi kepada kader hmi untuk terus semangat dan berjuang dalam ragka tugas keumatan yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Dalam kegitan yang di ada di adakan mulai dari tanggal 6-8 febuari 2015 di harau ujung dengan membangun tenda di alam terbuka. Kemudian kegiatan di lanjutan dengan ekpedisi di air terjun sarasah murai sampai ke tingkat tertingi paling puncak, kegiatan ini di maksudkan untuk mendekatkan diri kepada alam serta melakukan promosi kepada masyarakat luas tentang keindahan yang ada di sekitar lembah harau.

Malamnya dilakukan diskusi dan penguatan keorganisasian kepada seluruh kader hmi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam hal ini di hadirkan Pebriyansah yang merupakan ketua Bidang lingkungan Hidup dan sumber daya Alam badko HMI Sumater Barat yang sangat konsen terhadap lingkungan.

Pebriyansah dalam hal Ini ikut memberikan materi penguatan  berhimpuan dengan melakukan diskusi mengembalikan kembali niat Ber HMI dan penguatan keorgansasian  untuk para kader agar lebih serius dan dalam kegiatan akademis dan berorganisasi serta peka dalam persoalan sosial.

Selain itu syahrul fauzi yang merupakan ketua HMI cabang payakumbuh memberikan sebuah motivasi untuk berorganisasi bukan hanya sekedar beroganisi saja namun harus betul-betul beroganisasi karena apalia hanya sekedar hasilnya juga sekedar juga, untuk itu beliau menekanan agar para kader bersungguh –sunguh dalam melakukan tugasnya sebagai kader.

Diskusi dilakukan dengan hangat di sekitaran tenda dengan diiringi tetasan hujan dan suasanya lebih dekat bersama. Dalam dialog tersebut diikuti sangat antusias oleh para kader untuk berpartisipasi dengan dengan  aktiv berdiskusi, diskusi tersebut di pimpin  langsung oleh ilham wahyudi sebagai modurator acara.

Selain itu Petro Celli sebagai kabid Pembinaan Anggota cabang payakumbuh terus memdorong kepada seluruh kader untuk melakukan kegiatan sosialisasi HMI kepada seluruh Mahasiswa yang ada di kota Payakumbuh, untuk itu beliau mendorong segera HMI cabang payakumbuh untuk melakukan kegitan tranig formal dan non Formal yang akan dilakukan HMI kedepanya.

Kegitan milad hmi yang ke-69 tersebut di tutup dengan pengabdian masyakat membersikan sekitar lokasi dan mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan.

Kader sekitar payakumbuh dan limapuluh kota merupakan daerah yang sangat rawan banjir, akibat hilangya kesaran masyakat untuk mencintain lingkungan dengan melakukan kegiatan yang sangat merukian lingkugan seperti banjir yang terjadi hari ini di luak limopuluh ini.

Kedepan HMI Payakumbuh akan terus berperan aktif dalam melakukan tugas besarnya menjadi organisasi mahasisea yang terdepan untuk mengawal segala persoalaan keumatan dan kebagsaan serta meningkatakan kapasitas sebagai Insan Akademis,

Akhirnya selamat Milad HMI yang ke 69 jayalah HMI dan banyak bertrimakasih kepada para pendahulu HMI yakin Usaha sampai.(Pebriansyah/HMI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*