Minta Bantuan Jamban, Payobasung Deklarasi Bebas Dari BABS

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Warga Kelurahan Payobasung dipimpin Lurahnya Irwan Suwandi SN, S.IP, sepakat untuk tidak memanfaatkan kolam ikan atau pinggiran sungai sebagai tempat buang air besar. Komitmen tidak atau bebas buang air besar disembarangan (BABS) itu, dideklarasikan warga dalam acara di aula kelurahan setempat, Kamis (12/3).

Advertisements

Kepala Kelurahan Payobasung Irwan Suwandi, menginformasikan, Minggu (15/3), acara deklarasi bebas BABS disampaikan warga didepan Sekretaris Camat Payakumbuh Timur, Ezi Elfiwaty, SE, Kepala Puskesmas Tiakar, Sisri Maryenti, SKM, Wakil Ketua Forum Kecamatan Sehat, Risman Mansyur, Ketua LPM, PKK, Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat Payobasung.

Menurut Irwan, pihaknya sangat senang dan memberikan apresiasi terhadap warga, karena dengan kesadaran tinggi, menyatakan perang dengan jamban di atas kolam ikan atau BAB di pinggir sungai. Mudah-mudahan, kelurahan lainnya di Payakumbuh Timur, juga ikut menyatakan bebas dari BABS, ungkap Irwan.

Dikatakan, saat deklarasi bebas BABS, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh melalui Kabid P2PL, Hefi Suryani, SKM, mengatakan, empat puluh persen status kesehatan seseorang ditentukan oleh perilaku hidup masyarakat. Warga yang memperhatikan sektor sanitasi, katanya, akan mempengaruhi kesehatan warga pada lingkungan setempat.

Menurutnya, Payakumbuh merupakan inovator dalam bidang sanitasi, dan kita telah dianugerahi berbagai penghargaan seperti Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP), Indonesia Green Gegional Award (IGRA) dan Kota Sehat. Karena itu, dengan sejumlah penghargaan itu, wajar kalau warga menyatakan bebas dari BABS, ungkap Irwan mengutip kadis kesehatan.

Data di Payabasung, menurut Irwan, masih ada sekitar 71 KK yang belum memiliki jamban sehat sesuai standar Kemenkes dan WHO. Rata-rata mereka BAB ke kolam, Sungai Batang Agam, bahkan ada yang ke kebun. Kondisi tersebut tentu jauh dari kata sehat, karena perilaku itu bisa memicu timbulnya penyakit diare, muntaber bahkan hepatitis.

Dengan adanya Deklarasi Payobasung Bebas dari BABS tahun 2015 ini, jamban-jamban yang masih bermuara ke kolam dan sungai akan dibongkar. Pihaknya berharap, pemko segera membangunkan jamban sehat bagi warga Payobasung.

Penandatanganan dokumen Deklarasi Kelurahan Payobasung Bebas dari BABS yang diwakili secara simbolis oleh Ketua LPM Payobasung, Ir. Erry S. Djarens.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*