Minum Kopi Di Pagi Hari Bikin Tubuh Tetap Segar Saat Aktivitas

ice-cappucino-and-hot-mocca-latte-thumb9053462PADANGTODAY.com – Agar tidak ngantuk dan ibadah lancar, zaman dulu kalangan sufi di Timur Tengah selalu mengonsumsi kopi di malam hari. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang dapat menstimulasi jantung dan juga pangkal syaraf.

Advertisements

Kemudian seiring berkembangnya waktu, kafein digunakan untuk menikmati rasa dan aroma kopi yang nikmat.

“Untuk pilihan minum kopi dipagi hari sebenarnya tergantung selera dan kebiasaan. Akan tetapi ada juga yang minum kopi untuk sarapan, seperti Italia,” tutur Irvan Helmi, Co Founder Anomali Coffee kepada Detikfood.

Masyarakat Italia memiliki kebiasaan tidak meminum atau memesan cappuccino di atas jam 10 pagi. Sebelum bekerja atau ke sekolah banyak orang yang mengonsumsi cappuccino di restauran, kafe hingga warung kaki lima. Cappuccino biasa dinikmati dengan kue manis ataupun roti kecil sebagai pelengkap sarapan, meskipun sangat jarang.

Cappuccino dibuat dengan campuran lebih banyak susu daripada kopi sehingga tinggi kalori. Hal ini menjadi alasan kenapa mengonsumsi cappuccino yang terbaik adalah di pagi hari. Karena susu memiliki laktosa (gula) dan tubuh menyerap laktosa dan lemak susu dengan cepat, sehingga energi karbohidrat segera tersedia sebelum kafein menstimulasi organ tubuh tertentu.

Kalau di Indonesia sajian minum kopi yang di minum dipagi hari beragam. Mulai dari espresso, caappuccino hingga latte. Biasanya disajikan hangat untuk di pagi hari.

Kandungan gizi dari minuman espresso atau kopi lainnya, tergantung dari apa yang ditambahkan ke dalamnya. Mengonsumsi kopi hitam 1 hingga 2 cangkir per hari dapat membantu tubuh tetap segar sebelum memulai aktivitas.
(odi/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*