Minum Susu dan Makan Buah, Menu Sahur Penangkis Lapar Ketika Puasa

Susu dan Buah
Padang PADANGTODAY.com-Sahur tepat merupakan rahasia puasa yang bebas ngantuk dan lapar. Tak cuma tepat waktu, tapi juga tepat pilihan menu makanan agar perut lebih kenyang dan tak mudah lapar.

dr Herry Djagat Purnomo, SpPD-KGEH, Kepala Divisi Gastroentero – Hepatologi Departemen / SMF Penyakit Dalam FK UNDIP / RSUP Dr. Kariadi Semarang mengatakan bahwa sahur atau makan biasa, menunya harus tetap sehat dan bergizi. Namun memang ada baiknya jika pada sahur memilih makanan yang lama proses pencernaannya.

“Jadi kuncinya adalah tentu kita memilih makanan-makanan yang sifatnya bisa bertahan lama di usus. Itu prinsipnya,” urai dr Herry ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (16/7/2014).

Nah, dirangkum detikHealth, berikut beberapa makanan dan minuman untuk sahur yang memiliki proses cerna atau rasa kenyang yang lebih lama.

1. Susu

dr A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi FKUI mengatakan bahwa salah satu cara mudah untuk cepat merasa kenyang dan tak mudah lapar adalah dengan minum susu. Susu menurut dr Inge, membuat perut terasa penuh dan terasa kenyang.

“Minum susu juga baik sekali. Karena susu dapat membuat lambung lebih cepat kenyang dan berenergi,” ujarnya

2. Buah Apel, Pir dan Anggur

dr Inge membenarkan bahwa memakan buah berserat tinggi pada saat sahur dapat mencegah rasa lapar. Hal ini terjadi karena serat membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Ia juga menganjurkan untuk memilih buah yang berserat putih seperti apel, pir dan anggur daripada semangka atau nanas. Jangan lupa juga untuk makan buah beserta kulitnya.

“Buah-buahan tersebut memang benar dapat membantu tubuh agar tak mudah lapar. Karena buah-buahan itu memiliki serat yang tinggi. Lebih baik untuk memakan buah tersebut beserta dengan kulitnya, terutama untuk buah apel, pir, dan anggur. Untuk jeruk makanlah dengan serat buahnya yang berwarna putih,” ujarnya.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*