Monalisa Kini Jadi Bunda Literasi Lima Puluh Kota

Monalisa Kini Jadi Bunda Literasi Lima Puluh Kota

Monalisa Kini Jadi Bunda Literasi Lima Puluh Kota

Advertisements
Monalisa Kini Jadi Bunda Literasi Lima Puluh Kota

Monalisa Kini Jadi Bunda Literasi Lima Puluh Kota

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Lima Puluh Kota H Irfendi Arbi mengukuhkan Monalisa Irfendi Arbi sebagai Bunda Literasi Kabupaten Lima Puluh Kota. Pengukuhan yang dilaksanakan di Kantor Bupati itu, menjadi titik kesuksesan literasi di kabupaten ini.

“Semoga dengan dikukuhkannya Bunda Literasi ini dapat meningkatkan minat membaca, menulis, berbicara, menghitung di Kabupaten Lima Puluh Kota,” Bupati Lima Puluh Kota H Irfendi Arbi mengatakan hal itu pada Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Lima Puluh Kota, melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Radimas,S.Spd ketika di Tanjung Pati, Senin (9/11/2019).

Adapun yang menjadi unsur pendukung dalam penyelenggaraan pengukuhan Bunda Literasi TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari di lingkungan Kabupaten Lima Puluh Kota dan murid Sekolah Dasar (SD) sebanyak 100 orang.

Melalui pendidikan yang terintekgrasi mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat, dapat diterapkan enam literasi dasar. Mencakup literasi baca tulis, literasi numenerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan literasi budaya dan kewenagaraan.

Perpustakaan harus hadir sebagai penyedia tempat membaca. Harus disediakan sarana dan prasarananya. Lalu, menggerakan masyarakat agar mau memanfaatkan sumber informasi yang ada di perpustakaan.

Dikatakan H Irfendi Arbi bahwa perpustakaan bukan merupakan tumpukan buku. Tapi dengan buku, tersedia jutaan informasi untuk memperluas wawasan masyarakat. Tugas pengelola perpustakaan mengeluarkan jutaan informasi itu kepada masyarakat.

Salah satunya melalui pengembangan perpustakaan sebagai sarana belajar yang memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif, riset dan penelitian.

Gerakan budaya membaca bukan hanya tugas pemerintah juga semua komponen masyarakat. Dengan membaca, akan memahami dan mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*