Mouse Track Ball Apple Sukses Kuasai Pasar Dunia

mouse-pertama-apple-terinspirasi-dari-konsol-game-jadulPADANGTODAY.com – Atari salah satu pionir produsen konsol game di dunia pernah membuat sebuah permainan game ‘arcade’ olahraga yang menggunakan sistem pengendali ‘Track ball’ di tahun 1980an.Fitur ini lah yang akhirnya diadaptasi oleh mendiang Steve Jobs untuk mouse pertama Mac.

Sebelumnya Steve Jobs pernah berusaha bekerja sama dengan Xerox PARC untuk membuat Track ball sendiri, namun harga akhir dari mouse dianggap terlalu mahal, sekitar USD 400 atau Rp 4,7 juta. Tidak ingin para calon pembeli kabur karena harga mouse yang selangit, Apple kemudian menggandeng firma Hovey-Kelly untuk membuat Track ball yang lebih murah.

Jim Yurchenko yang menjadi pimpinan tim desain Hovey-Kelly menyadari kelemahan dari mouse Xerox
Yurchenko akhirnya membuat sebuah desain Track ball baru yang tetap mengacu pada desain milik Atari yang memiliki cara kerja sederhana. Hasilnya pun cukup memuaskan meski terlihat tidak seakurat mouse buatan Xerox.

Desain Track ball tersebut masih terus dipertahankan oleh Apple dan berhasil menguasai pasar mouse hingga puluhan tahun. Mouse Track ball Apple juga tercatat sebagai mouse pertama yang digunakan secara luas oleh pengguna komputer PC. Sebelum akhirnya digantikan oleh mouse optikal dengan sensor laser atau infra merah.(mr/nol)