MTQ ke VII Kecamatan Pariaman Utara Ditabuh

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar membuka MTQ ke VII Kec. Pariaman Utara (foto/humas)

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman membuka MTQ ke VII Kec. Pariaman Utara (foto/humas)

Pariaman,PADANG-TODAY.COM__Dengan diselenggarakannya MTQ ke VII di Kecamatan Pariaman Utara ini, diharapkan masyarakat dapat memahami kembali makna dari ayat-ayat Alqur’an, serta meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dan menciptakan generasi yang Qur’ani di tengah kehidupan kita.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara Pembukaan MTQ ke VII tingkat Kecamatan Pariaman Utara yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Pariaman Utara, Jum’at sore (20/5).

Dijelaskan, Ajang MTQ ini juga dapat dikatakan sebagai ajang peningkatan syiar islam dengan sarana pengadaan kegiatan keagamaan yang tertumpu pada keagungan Al Qur’an sebagai kitab suci umat islam, baik dari setiap kata-katanya dan makna yang terkandung di balik ayat-ayat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, ujarnya.

“Banyak manfaat yang kita petik dari pelaksanaan MTQ ini, salah satunnya sebagai benteng moral bagi generasi muda kita, karena mereka nantinya yang akan menjadi penerus bangsa ini. Dengan telah didasarinya generasi kita dengan Al Qur’an, maka mereka akan menjadi Agent Of Change (Agent Perubahan) kepada masyarakat sebagai jalan untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik lagi”, tukasnya.

Dalam kesempatan ini juga Mukhlis Rahman mengingatkan bahwa Kota Pariaman di tahun 2017 akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat. Diharapkan kerjasama seluruh stakeholder agar dapat mensukseskan acara ini nantinya, baik sukses dari pelaksanaanya maupun sukses dari segi prestasi, ungkapnya.

Sementara Camat Pariaman Utara Afwandi mengatakan agar pelaksanaa MTQ kali ini agar dapat terus digulirkan setiap tahunnya dan bukan hanya seremonial saja. Tema MTQ tahun 2016 kali ini “Dengan semangat Musabaqah Tilawatil Qur’an ke VII tingkat Kecamatan Pariaman Utara Kita Budayakan Gerakan Masyarakat Mengaji Guna Bebas Dari Buta Baca Al Qur’an, jelasnya.

Diharapkan, tambahnya, dari pelaksanaan MTQ ini dapat melahirkan Kafilah yang handal di kecamatan Pariaman Utara untuk dapat bersaing di tingkat Kota Pariaman, bahkan Provinsi Sumatera Barat nantinnya. Acara ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 20-22 Mei 2016 yang diikuti oleh 300 Kafilah yang berasal dari 17 Desa di Kecamatan Pariaman Utara.

Perlombaan yang dilaksanakan dalam ajang MTQ ke VII tingkat Kecamatan Pariaman Utara ini terdiri dari 7 perlombaan antara lain, Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Khotbah Jum’at dan Bintang Qasidah.

Hadir dalam acara pembukaan MTQ ini Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Wakil Ketua DPRD John Edwar, Kapolsek Kota Pariaman Kompol Masril, PYMT Kepala Kemenag Kota Pariaman Helmi dan jajaran, Sekdako Pariaman Armen, Ketua TP PKK Ny. Dafreni Mukhlis, Ketua GOW Ny. Lucy Genius, Ketua DW Persatuan Ny. Afnee Armen, Kepala SKPD, Kabag, Camat se Kota Pariaman, para Dewan Hakim, Kepala Desa Padang Birik-Birik salaku Ketua Panitia MTQ, para Kepala Desa se Kecamatan Pariaman Utara dan Kafilah yang mengikuti perlombaan. (j/suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*