Mufidah Jusuf Kalla Kunjungi Sentra Tenun di Lintau

Batusangkar—Istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla, yang juga sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional(Dekranas), kembali mengunjungi sentra tenun yang berlokasi di Kenagarian Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Senin (2/9).

Kunjungan kali ini merupakan untuk yang ketiga kalinya sejak diresmikannya sentra tenun tersebut pada Maret 2018 silam. Istri orang nomor dua di Indonesia ini kemudian juga kembali berkunjung keduakalinya pada April lalu.

Mufidah Kalla pada kesempatan itu menyampaikan, sekolah centra industri tenun yang dikunjungi tersebut merupakan sentra tenun terbesar di Indonesia. fisiknya dilengkapi faslitas gedung produksi, kantor UPTD, gedung celup dan menghani, serta pagar keliling dan landscape.

Pembangunan sentra tenun ini yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus  (DAK) anggaran 2017, 2018 dan 2019, mencapai total biaya Rp19,2 miliar. Selain terbesar, bagunan ini juga dilengkapi Rusunawa  35 kamar sekelas apartemen menggunakan dana Rp 8,9 miliar.

Mufidah Kalla juga mengaku senang melihat perkembangan peserta didik di sentra tenun. Pasalnya, baru beberapa hari belajar, anak didik di sekolah tenun itu telah bisa menghasilkan karya seperti songket.

“Sentra tenun ini didirikan agar  semua orang  bisa diterima sebagai murid. Supaya dia pintar, pandai, mencari nafkah sendiri dengan hasil karyanya,” ucap Mufidah Kalla. (dt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas